Kabut Asap Makin Parah WN Malaysia Dievakuasi

Kabut Asap Makin Parah WN Malaysia Dievakuasi
Pekanbaru diselimuti kabut asap

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Parahnya kabut asap yang menyelimuti Provinsi Riau membuat  Diraja malaysia mengambil keputusan tegas untuk menyelamatkan warganya yang ada di Pekanbaru. Warga Negara tetangga ini dievakuasi dengan pesawat militer Diraja Malaysia karena kabut asap dari Pekanbaru sudah sangat berbahaya. Ini pukulan telak terhadap pemerintah RI.

"Saya menilai, Pemerintah Malaysia mengevakuasi warganya di Pekanbaru bukan hal yang main-main. Ini pasti ada pertimbangan serius bukan hal yang mau ngeyek ke negara kita," kata Wakil Ketua Forum Komunikasi Pemukan Masyarakat Riau (FKPMR), Edyanus Herman Halim seperti dikutip dari detikcom.

keputusan mengevakuasi WN Malaysia dari Pekanbaru, pasti sudah dipertimbangkan dengan matang oleh pihak Malaysia.  Bahkan Pemerintah Malaysia mengabaikan sejenak urusan politik dan bisnisnya dengan Indonesia.

"Bagi Malaysia mungkin untuk mengevakuasi sudah dipertimbangkan secara matang.  Artinya, secara politik bisa saja itu terkesan mengejek negara kita. Tapi agaknya hal itu tidak dipikirkan dulu. Mereka lebih mengedepankan penyelamatan warga negaranya dari bencana asap," kata Edyanus yang juga akademisi Universitas Riau itu.

Evakuasi tersebut, lanjut Edyanus, secara politis merupakan pukulan telak buat pemerintah kita. Karena itu pemerintah harus serius untuk segera menuntaskan kebakaran lahan ini.

"Persoalan asap di Riau sudah sangat urgent untuk segera di atasi bersama. Kalau memang tidak berbahaya, tidak mungkinlah sampai Pemerintah Malaysia mengevakuasi warganya," kata Edyanus.

Pemerintah pusat dan daerah, lanjut Edyanus, harus segera keroyokan untuk menuntaskan kabut asap. Sudah terlalu lama masyarakat Riau khususnya terpapar asap. (RO3)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index