Hebat...Tiga Sekolah di Pulau Merbau Ini Punya Posyandu Remaja

Hebat...Tiga Sekolah di Pulau Merbau Ini Punya Posyandu Remaja

SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Sebanyak 3 (tiga) sekolah di Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti mempunyai posyandu remaja. Program kesehatan kreatif dan inovatif itu merupakan unggulan UPT Puskesmas Pulau Merbau.

 
Adapun tiga sekolah itu diantaranya Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pulau Merbau, Madrasah Aliyah (MA) Centai dan Madrasah Aliyah (MA) Semukut. 
 
Dengan dibentuknya Kader Kesehatan Remaja (KKR) maka peserta didik dapat menolong dirinya sendiri dan orang lain untuk hidup sehat, juga peserta didik dapat membina teman-temannya dan berperan sebagai promotor dan motivator dalam menjalankan usaha kesehatan.
 
Camat Pulau Merbau H Edi M Nur SH MSi dalam sambutannya pada serangakaian acara peresmian posyandu remaja yang digelar bertempat di gedung SMAN1 Pulau Merbau, Sabtu kemarin mengungkapkan bahwa program perdana di Kabupaten Meranti itu merupakan program yang inovatif dan kreatif serta kedepannya bisa menjadi program unggulan di Kepulauan Meranti.
 
"Ini bisa dijadikan sorotan, kita harus punya daya saing dan mampu bersaing sehingga tidak kalah saing dengan sekolah-sekolah lain. mari kita support para remaja ini karena kader-kader yang duduk di pulau merbau terutama yang jadi kader posyandu bisa mewujudkan remaja kecamatan Pulau Merbau sehat dan berkualitas," harap camat.
 
Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, dr Misri Hasanto M Kes, menjelaskan bahwa menjaga kesehatan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata. Sekolah mempunyai peranan penting dalam menyampaikan informasi kesehatan kepada peserta didik  dan masyarakat.
 
Misri juga mengatakan keberadaan posyandu memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan generasi muda yang sehat dan cerdas. Kemudian akan berdampak pada peningkatan kualitas bangsa.
 
"Posyandu lah tempat generasi muda pertama kali dibekali dengan kesehatan. bila generasi tidak dibekali kesehatan di posyandu, maka nantinya akan ditemukanlah generasi yang sakit. kader-kader posyandu juga memiliki peranan penting, sehingga Posyandu merupakan garda terdepan untuk mewujudkan harapan tersebut," jelas Misri.
 
Selanjutnya, Kepala SMAN 1Pulau Merbau Suharno SPd mengatakan bahwa apa yang dilakukan pihak Diskes merupakan contoh yang sangat baik, khususnya tentang program posyandu remaja ini. Hal ini harus menjadi contoh oleh pihak lainya yang peduli terhadap peserta didik.
 
Ia juga mengungkapkan, kemudian hasil yang ingin dicapai setelah terbentuknya Kader Kesehatan Remaja yaitu para kader kesehatan remaja menjadi rujukan teman-temannya yang kebetulan ada masalah kesehatan, permasalahan yang sering timbul di antara remaja, maupun remaja dengan orang tuanya akan lebih banyak dicurahkan pada teman sebayanya. Dengan adanya kader kesehatan remaja yang merupakan temannya sendiri maka diharapkan permasalahan yang ada dapat dipecahkan di kalangan mereka sendiri.
 
"Kita cukup berbangga hati dengan adanya posyandu remaja atau KKR di sekolah ini. dengan harapan kegiatan tetap eksis, ini juga awal penceagahan terhadap remaja terutama siswa itu sendiri akan terhindar dari hal-hal negatif, baik itu merokok maupun pengaruh sejenis narkoba lainnya. dan mudah-mudahan penyuluhan dan pemeriksaan terhadap remaja terutama disekolah dapat terlaksanakan dengan sebaik mungkin," harap Kepala SMAN 1 Pulau Merbau itu.
 
Kegiatan itu selain dihadiri Camat Pulau Merbau, H Edi M Nur SH MSi, Sekretaris Diskes dr Misri Hasanto M Kes, Kepala SMAN 1 Pulau Merbau Suharno SPd, juga dihadiri Kepala UPT Pulau Merbau Drs Khairani Lubis, Kepala UPTD Pulau Merbau Surip SPd, Kepala Desa Kuala Merbau Efendi, Kades Renak Dungun, Kades Batang Meranti dan Kades Centai serta sejumlah tamu undangan lainnya. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index