Pusat Tinjau Kesiapan Lahan Rail Way KA Trans Sumatera di Riau

Pusat Tinjau Kesiapan Lahan Rail Way KA Trans Sumatera di Riau
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan RI mendukung rencana pengembangan Rail way di Riau. Ini diwujudkan dengan meninjau kesiapan lahan untuk pengembangan akses transportasi tersebut.    

 
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Rahmad Rahim mengatakan, hal tersebut dilakukan sesegera mungkin. Menurutnya, pihak Kementerian Perhubungan ingin mendengar secara langsung dari Pemerintah Provinsi Riau, terkait soal persiapan dan kendala dalam tahapan pengerjaan proyek pembangunan Rail way tersebut.   
 
"Makanya itu, mereka langsung nanti yang akan melakukan audiensi dengan Pak Plt Gubri. Pembahasannya masih soal proses pembangunan rel kereta api. Rencananya malam ini," tuturnya.  
 
Ia menilai, kedatangan pihak Kementerian Perhubungan merupakan langkah konkrit untuk merealisasikan hal tersebut. Saat ini progres yang sudah dilangsungkan adalah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pembebasan lahan untuk proyek itu di Dumai.   
 
Hanya saja kendala yang dialami di lapangan adalah persoalan masih menyangkut masalah lahan. Sementara untuk dasar SK Penlok itulah nantinya Dinas Perhubungan meminta kepada BPN untuk mengukur secara pasti dan sekaligus membayar lahan yang diganti rugi kepada masayarakat.
 
"Mudah-mudahan hal ini dapat segera terealisasi," imbuhnya lagi. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index