Plastik Berbayar di Pekanbaru akan Ditiadakan

Plastik Berbayar di Pekanbaru akan Ditiadakan

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru saat ini masih melakukan evaluasi terhadap teknis penggunaan plastik berbayar di gerai-gerai dan supermarket serta ritel modern yang ada di Kota Pekanbaru.

 
Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Pekanbaru Mas Irba H Sulaiman, mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan evaluasi selama tiga
bulan sebelum dilakukan penetapan Perwakonya.
 
"Sebelum ada Perwako tentu kita harus melakulan evaluasi terlebih dahulu dan kita punya waktu 3.bulan untuk melakukan evaluasi," ujarnya.
 
Irba menjelaskan setelah 3 bulan, pihaknya akan melihat apakah kuantitas plastik yang ada saat ini berkurang atau tidak.
 
"Ya kalau memang gak ada pengurangan sama sekali buat apa kan lita lanjutkan, karena memang tujuan utama dibuatnya aturan ini untuk mengurangi sampah plastik. Kita akan mengusulkan agar peraturan ini ditiadakan saja," tegasnya.
 
Dikatakan, sebenarnya ini adalah momen bagi para pengusaha untuk bisa menciptakan inovasi baru untuk bisa pengganti plastik seperti paper bag.
 
"Sebenarnya ini peluang besar bagi pengusaha. Paper bag itukan sebenarnya bisa dibuat dari bekas-bekas kertas itu dibuat bubur lalu dijadikan paper bag, atau memang dari bahan lain yang aman. Kita juga masih menunggu apa ada inovasi dan kreatifitas dari pengusaha,"
ungkapnya.
 
Lebih lanjut Ia mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan meminta para pelaku usaha untuk melaporkan hasil evaluasi penggunaan plastik dalam rentang waktu sebulan ini.
 
"Kita akan lihat dulu hasil evaluasi sebulan ini. Karena memang peraturan inikan sudah berjalan sebulan dari sejak penerapan Plastik berbayar di Pekanbaru," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index