400 Satpol PP Dikerahkan Amankan Pasar Kaget Tengku Kasim Sore Nanti

400 Satpol PP Dikerahkan Amankan Pasar Kaget Tengku Kasim Sore Nanti
Ilustrasi Satpol PP
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)-  Sebanyak 400 personel gabungan dijadwalkan akan kembali diturunkan dalam penertiban pasar kaget di Jalan Tengku Kasim Kelurahan Rumbai Bukit Kecamatan Rumbai, Jumat, 15 Maret 2016 sore ini. 
 
Pasar kaget yang buka setiap hari Jumat sore setiap pekannya ini berjarak lebih kurang 2 kilometer dari lokasi pasar kaget yang beroperasi setiap hari Rabu sore yang ditertibkan Rabu, 13 Maret 2016 kemarin.
 
Jika dibandingkan dengan pasar kaget yang beroperasi pada hari Rabu, ternyata pasar kaget yang buka pada Jumat sore ini jumlah pedagangnya jauh lebih banyak. Yakni sekitar 400 pedagang sementara di pasar kaget hari Rabu hanya berkisar 200 pedagang.
 
Mengantisipasi terjadinya bentrokan seperti yang terjadi pada penertiban pasar kaget Rabu sore kemarin, petugas gabungan yang melibatkan Satpol PP, Kepolisian, TNI dan pegawai Kecamatan Rumbai diperkirakan akan diturunkan dengan jumlah yang lebih banyak.
 
"Khususnya dari personel Satpol PP akan kita tambah lagi kekuatannya. Ini sedang kita petakan berapa besar kekuatan personel yang akan kita turunkan ke sana. Yang jelas dari hasil evaluasi kemarin, kita akan turunkan personel lebih banyak lagi,"kata Kepala Sapol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian kepada riausky.com. 
 
Selain mengerahkan ratusan personel gabungan, pihaknya juga akan menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran untuk menghalau massa jika kondisi dilapangan memanas dan tidak bisa dikendalikan. Ratusan pelindung kepala dan tameng juga akan diangkut kelokasi penertiban untuk persiapan jika di lapangan terjadi bentrokan fisik.
 
Namun pihaknya berjanji akan melakukan tindakan persuasif agar untuk menghindari terjadinya bentrokan. Salah satunya dengan memberitahukan kepada pedagang agar tidak berjualan lagi di pasar kaget dan diminta untuk berjualan ke lokasi pasar yang sudah disiapkan pemerintah.
 
"Kita akan datang lebih awal sehingga pedagang tidak kita berikan kesempatan berkumpul dan membuka lapaknya di pasar kaget. Kalau ada yang mau masuk kelokasi pasar kaget nanti tetap kita arahkan mereka untuk menempati lokasi pasar baru yang sudah disiapkan pemerintah kota Pekanbaru,"bebernya.
 
Pihaknya mengimbau kepada pedagang untuk tidak lagi berjualan dipasar kaget. Sebab sosialisasi ini sudah berulang kali disampaikan pihak kecamatan dan kelurahan, namun pedagang masih tetap berjualan di pasar kaget tersebut.
 
"Makanya kita minta mereka untuk tidak lagi berjualan disana. Kan kita sudah berikan solusinya, mereka silahkan berjualan di lokasi yang sudah kita siapkan,"sebutnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index