Perjuangan Anak Talang Mamak Ingin Sekolah Diangkat ke Layar Lebar

Perjuangan Anak Talang Mamak Ingin Sekolah Diangkat ke Layar Lebar
Ilustrasi

 

RENGAT(RIAUSKY.COM) - Tahukah anda Suku Talang Mamak? Pernah hidup di pemukiman Talang mamak? Pernahkah terlintas oleh anda bagaimana sulitnya kehidupan mereka berada di dalam kawasan hutan dan pernahkah terpikir mereka juga ingin sekolah?
 
Kisah haru biru perjuangan anak-anak warga suku Talang Mamak untuk meraih pendidikan menarik perhatian produser film di Jakarta. Rencananya, kisah inspiratif dari Kabupaten Indragiri Hulu, ini akan diangkat dalam film layar lebar.
 
Kisah anak - anak warga Suku Talang Mamak ini bermula diangkat dalam pertunjukan seni tari oleh seorang warga Kabupaten Indragiri Hulu, bernama Maulana Syahputra. Kemudian dia membuat suatu ide cerita dan akhirnya menarik perhatian seorang produser film di Jakarta, bernama Surat.
 
"Pak Surat sangat tertarik mengangkat ide cerita yang saya buat dalam film layar lebar. Untuk pembuatan film ini kami telah bekerjasama dengan Art Media Production," ujar Maulana Syahputra seperti dilansir dari kabarinhu, Rabu, 13 April 2016.
 
Berbagai persiapan sedang dilakukan untuk pembuatan film yang bertajuk "Sinar Dibalik Awan". 
 
Menurutnya, film ini nantinya sangat menarik karena menceritakan perjuangan anak - anak warga suku Talang Mamak yang berada di daerah pedalaman menantang rintangan dalam meraih pendidikan.
 
Untuk pembuatan film ini, kata Maulana, sudah ada 1.500 orang lebih yang menjadi peserta casting, yang dilakukan di dua tempat, yakni kota Rengat dan kota Pekanbaru.
 
"Antusias masyarakat sangat besar agar terlibat dalam film ini, pastinya pemeran film ini akan melibatkan masyarakat Riau, terutama masyarakat Kabupaten Inhu, karena syuting film ini dilakukan di daerah suku Talang Mamak," sebutnya.
 
Selain melibatkan anak - anak daerah menjadi pemeran, pihaknya juga telah memilih kandidat artis - artis nasional menjadi pemeran dalam film tersebut. 
 
"Saat ini artis yang sudah dikonfirmasi ada dua, yakni Mathias Muchus dan Yati Surachman, dan banyak lagi artis - artis terkenal yang bakal menjadi pemeran dalam film ini nantinya," jelas Maulana.
 
Maulana berharap, sebagian hasil penjualan film ini nantinya akan disumbangkan untuk membantu pendidikan anak - anak warga Suku Talang Mamak di Kabupaten Inhu.
 
"Impian besar saya seperti itu," sebutnya. (R01/kic) 
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index