Musim Kemarau, Sungai Surut

Warga kilo 2 Sorek Manubo Massal

Warga kilo 2 Sorek Manubo Massal

PANGKALAN KURAS (RIAUSKY.COM)- Lama tak melakukan kegiatan Manubo Massal, Ahad (20/9/2015) warga Sorek turun ke anak-anak sungai. Mereka berpesta menangkap ikan yang ada di aliran sungai Kilometer 2 yang sedang surut karena kemarau panjang.

Ratusan warga tampak tumpah ruah di anak sungai yang sengaja digali lebih dalam oleh warga setempat untuk memanen ikan pada agenda manubo massal. Mereka masuk ke dalam anak sungai sembari berebut untuk mendapatkan ikan-ikan khas daerah setempat yang sudah beberapa tahun terakhir tidak pernah dipanen warga.

''Ya, banyak, lumayan banyak ikannya. Tapi, tidak terlalu besar-besar,'' ungkap salah seorang warga setempat pada riausky.com.

Beberapa jenis ikan yang berhasil ditangkap masyarakat dengan menggunakan tangan dan  tangguk diantaranya adalah jenis toman, gabus, sepat, baung serta beberapa jenis lainnya.

Kegiatan menuba ini sendiri, diakui warga memang sering dilaksanakan warga. Namun, tidak rutin, karena biasanya dilakukan hanya pada saat-saat tertentu, sepertti musim kemarau.(R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index