Belasan Titik Panas Kembali Bermunculan di Riau

Belasan Titik Panas Kembali Bermunculan di Riau

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Titik api kembali terdeteksi di Riau. Dari Pantauan BMKG Pekanbaru, ada 13 titik api bermunculan di Tiga Kabupaten masing-masing Bengkalis 10 titik, Meranti 2 titik dan Pelalawan 1 titik.

 
Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Sugarin saat dikonfirmasi mengatakan, munculnya titik api ini tidak terlepas dari aktifitas kebakaran lahan yang masih terjadi dalam beberapa hari belakangan.
 
"Dalam beberapa hari belakangan curah hujan di wilayah pesisir cukup minim, sehingga lahan yang dalam kondisi kering dibakar akan cepat meluas," ujarnya.
 
Dijelaskan Sugarin, dari pencitraan satelit Terra dan Aqua pagi ini, secara umum di Sumatera terdapat 22 titik panas atau hotspot. Riau menjadi daerah terbanyak menyumbang hotspot dengan 14 titik, Kepri 3 titik, Sumbar 2 titik, Sumut 2 titik dan Sumsel 1 titik.
 
"Dari 14 hotspot itu, tingkat kepercayaan sebagai titik api itu ada 13 titik yang terbanyak itu ada di Bengkalis," tandasnya.
 
Ia berharap Satgas penangana kebakaran lahan dapat bergerak cepat melakukan langkah pemadaman agar kebakaran lahan dapat segera diatasi, sehingga tidak meluas kewilayah lainnya.
 
Secara umum cuaca di wilayah Riau Cerah hingga Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang berpeluang terjadi diwilayah Riau bagian tengah, dan selatan pada sore atau malam dini hari. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index