Ayo Bantu...PMI Dumai Butuh 1.000 Kantong Darah per Bulan

Ayo Bantu...PMI Dumai Butuh 1.000 Kantong Darah per Bulan

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Dumai menyatakan persediaan ideal stok darah untuk medis diperkirakan sekitar 1.000 kantong per bulan, namun saat ini hanya bisa 400 kantong. 

 
Kepala UTD PMI Dumai dr Hafizh Permana menyebutkan, persediaan darah yang tidak ideal ini kerap terkendala memenuhi kebutuhan medis masyarakat, baik untuk pasien rumah sakit maupun klinik swasta. 
 
"Kita berharap bisa memenuhi stok darah 1.000 kantong tiap bulan karena rumah sakit pemerintah di Dumai ini menjadi rujukan untuk kawasan Riau pesisir," kata Hafizh, Kamis 21 April 2016.
 
Menurut dia, tingginya kebutuhan darah di Dumai, akan bisa terpenuhi jika pendonor sukarela sebagai donor pengganti bertambah, dan saat ini baru 500 pendonor yang aktif, padahal idealnya harus 5.000 pendonor. Bila darah sudah digunakan, harus ada donor penggantinya. 
 
Bila tidak ada donor pengganti keberadaan pendonor sukarela ini bisa sangat membantu. Karena itu, UTD PMI Kota Dumai bisa meningkatkan ketersediaan darah dengan menggandeng masyarakat. Misal, satu kecamatan bisa membantu mendonorkan darah sebanyak 200 kantong setiap bulannya dari donor sukarela. 
 
Lebih lanjut, kegiatan donor darah juga mesti rutin dilakukan. Bahkan pihak PMI siap jemput bola ke lokasi penyelenggaraan donor darah. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index