KLH Beri Inhouse Proper Audit Training Karyawan RAPP

KLH Beri Inhouse Proper Audit Training Karyawan RAPP
Suasana Inhouse Proper Audit Training untuk karyawan PT RAPP di Pangkalan Kerinci.
 
PANGKALAN KKERINCI (RIAUSKY.COM)- Dalam upaya meningkatkan komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan, Departemen Mill Environment PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mengadakan Inhouse Proper Audit Training untuk karyawan.
 
Tujuannya agar karyawan lebih memahami Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dengan pemateri dari Direktorat Pengendalian Pencemaran Air  Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan,  Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) di Hotel Unigraha, Jumat,22 April 2016 lalu.
 
Para karyawan tampak antusias menjelaskan program PROPER dari para pemateri dari LHK. Program yang didesain untuk mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan sehingga seluruh perusahaan diwajibkan mengikuti program ini.
 
Salah satu pemateri, Usup Purba menyampaikan bahwa setiap perusahaan penting untuk menjaga lingkungan sebagaimana sesuai dengan penilaian PROPER.
"Dalam menilai sebuah perusahaan, Proper mengaudit empat indikator: Dokumen lingkungan, pengendalian udara, pengendalian air, dan pengelohaan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Setelah kami audit, akan kami nilai mulai dari nilai hitam, merah, biru, hijau dan yang paling bagus adalah emas," terang Usup.
 
Salah satu peserta, Edward Tandy menyatakan bahwa training dari LHK ini sangat bermanfaat selain menambah ilmu, juga memberi gambaran sehingga perusahaan dapat mencapai PROPER lebih baik lagi.
 
“Melalui kegiatan ini, kita mendapat pengetahuan tentang lingkungan,dan kita sebagai bagian dari perusahaan jadi tahu apa yang harus dilakukan dalam meminimalisasi dampak lingkungan dari kegiatan industri sehingga diharapkan kedepannya perusahaan mampu meraih capaian Proper lebih baik lagi," ujar karyawan Departemen Recaust Kiln Effluent ini.
 
Manager Mill Environmnent, Kasman menyampaikan tujuan dari kegiatan inhouse training ini adalah untuk para peserta mampu mengidentifikasi peringkat, perencanaan, dan pengembangan.
 
"Diharapkan melalui agenda ini, peserta pelatihan mampu mengidentifikasi arti penting Proper dan mampu melakukan penilaian sendiri peringkat Proper perusahaan, mengembangan rencana pemenuhan dan penerapan persyaratan untuk perusahaan sekaligus mengembangan program perbaikan kinerja pengelolaan PROPER untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi," ungkap Kasman.
 
Keikutsertaan perusahaan dalam Proper bersifat wajib sehingga haruslah dikelola secara cermat dan profesional. Sebagai salah satu perserta penilaian, RAPP berhasil mempertahankan peringkat Biru untuk periode 2014-2015 melalui metode Self-Assessment yang diumumkan pada akhir November 2015 yang lalu. (R01/r)
 

Listrik Indonesia

#Pelalawan

Index

Berita Lainnya

Index