PLN Riau-Kepri Jamin Tak Ada Pemadaman Mei Ini, Benaran Ya Awas Kalau Bohong

PLN Riau-Kepri Jamin Tak Ada Pemadaman Mei Ini, Benaran Ya Awas Kalau Bohong
Logo PLN

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - PT PLN (Persero) Pekanbaru memastikan awal Mei ini tidak akan ada lagi pemadaman di Wilayah Sumatera khususnya di Pekanbaru, Riau. 

 
Hal ini disampaikan Manager Bidang SDM dan Umum PT PLN (Persero) Wilayah Riau-Kepri, Dwi Suryo Abdullah saat melakukan kunjungan ke PLTU Tenayan Raya, Sabtu 24 April 2016.
 
"Target kita awal Mei ini memang tidak ada pemadaman lagi. Hal ini karena perbaikan pembangkit yang sedang mengalami gangguan selesai dilakukan Mei nanti. Jadi harapan kita semua tentu tak ada lagi pemadaman bergilir," ujarnya.
 
Ia menjelaskan secara grade di sistem Sumatera kapasitasnya sudah tercukupi. Beban puncak sekitar 5900 dengan kapasitas 6300 itu sudah cukup.
 
"Namun ketika ada beberapa mesin ataupun pembangkit yang mengalami penurunan beban atau sedang dilakukan pemeliharaan karena ada gangguan maka tentunya di sistem sumatera mengalami pengurangan," jelasnya. 
 
Dikatakan, pertengahan Mei nanti, unit 1 PLTU Tenayan Raya juga sudah memasuki tahap sinkron. "Dalam tahap ini pembangkit sudah bisa mengeluarkan energi listrik, kita sudah memutar turbin dan generatornya juga sudah mengeluarkan energi listrik," ungkapnya.
 
Untuk transmisi, ujarnya, dari hasil listrik tersebut akan dialirkan melalui sistem 150 kV masuk ke grade Teluk Lembu kemudian dialirkan lagi melalui sistem 150 kV ke sistem Sumatera. "Kalau 1 unit PLTU Tenayan Raya sudah bisa beroperasi maka akan bisa menambah kapasitas di dalam grade 150 kV sistem Sumatera. Yang beberapa minggu terakhir ini grade nya mengalami defisit 80-100 MW karena ada mesin pembangkit mengalami gangguan, diharapkan ini bisa memperkuatnya," pungkasnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index