Pemkab Rohil Gelar Upacara Hari Otonomi Daerah

Pemkab Rohil Gelar Upacara Hari Otonomi Daerah
Penyerahan bantuan

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Senin pagi melaksanakan upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-20 yang diperingati setiap tanggal 25 April, hal ini didasarkan pada Kepres No.11 tahun 1996 tentang hari otonomi daerah. 

 
Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Rohil H.Suyatno dan turut dihadiri Forkopimda Rohil, Plt Sekda Rohil Surya Arfan, asisten dan kepala dinas di kabupaten Rokan Hilir. 
 
Dalam pidato Presiden yang dibacakan Bupati Rohil mengatakan “Hari Otonomi Daerah yang diperingati secara nasional kali ini mengangkat tema memantapkan otonomi daerah menghadapi tantangan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, peningkatan daya saing daerah dan pengembangan demokrasi lokal. 
 
Dari hasil survey World economy forum dalam global competitive finish dari total 144 negara di dunia, Indonesia menempati posisi ke-37 dalam hal penyelesaian perizinan di Indonesia yang menghabiskan waktu 52,5 hari. Sementara untuk Negara Asean lainnya seperti Vietnam 34 hari, Thailand 27,5 hari,  Timor Leste 10 hari, Malaysia 5,5 hari dan Singapura 2,5 hari”. 
 
“Ini memberikan gambaran bahwa dalam penyelesaian izin memulai usaha, Indonesia masih berada jauh dibawah Negara asean lainnya. Oleh karena itulah dalam rangka mempercepat pencapaian tujuan nawacita untuk mewujudkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan Negara dibidang ekonomi dan mendorong pertumbuhan iklim investasi di Indonesia. Bapak Presiden Indonesia telah memberikan instruksi kepada seluruh Kepala Daerah kabupaten kota untuk segera melaksanakan simplifikasi regulasi yang menjadi kewenangan masing-masing dengan kurun waktu regulasi yang diterbitkan pada tahun 2006-2015” tambahnya. 
 
Usai upacara peringatan Hari Otonomi daerah, Bupati Rohil menandatangani berita acara hibah kendaraan roda dua dan mesin portable dari Bank Riau Kepri kepada tim penanggulangan karlahut. 
 
Dalam acara serah terima ini Bupati Rohil menyerahkan secara simbolis 3 unit kendaraan roda dua kepada Makodim 0321 Rohil yang diterima langsung Bambang Kisworo Dandim 0321 Rohil. Kemudian diserahkan juga 5 unit mesin portable kepada koramil Bangko, Rimba Melintang, Tanah Putih, Kubu dan Bagan Sinembah. 
 
Sementara 9 kecamatan di kabupaten Rohil juga menerima masing-masing 1 unit mesin portable untuk menanggulangi karlahut disetiap kecamatan. (R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index