Besok Warga Tiga Desa Demo Arara Abadi di Betung-Batang Kulim

Besok Warga Tiga Desa Demo Arara Abadi di Betung-Batang Kulim
Kebijakan lingkungan PT Arara Abadi yang dipampang di sekitar areal usahanya.

PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM)- Merasa kecewa dengan tindakan pihak perusahaan yang dinilai tidak konsisten dengan janji, Warga tiga desa di Kecamatan Pangkalan Kuras, Selasa, 26 April 2016 akan melakukan aksi demo di batas desa Betung-Batang Kulim.

 
Mereka akan melakukan aski demo damai guna menuntut dan memastikan keseriusan pihak perusahaan untuk melakukan peningkatan kualitas jalan desa dengan pola sharing budget dengan pemerintah daerah Kabupaten Pelalawan.
 
''Kami sudah kecewa dengan sikap perusahaan. Mereka sudah berjanji dan sudah membuat kesepakatan di depan DPRD untuk melakukan perbaikan jalan dengan sharing budget. Namun, ketika ditanyakan kapan akan direalisasikan, mereka seolah pura-pura tidak tahu,'' ungkap koordinator aksi, Adbul Wadud, Senin, 25 April 2016 di Pangkalan Kerinci. 
 
DPRD, sebut  Wadud, sudah dua kali memanggil pihak perusahaan untuk mendudukkan persoalan peningkatan kualitas jalan yang melintasi tiga desa di Pangkalan Kuras, masing-masing Desa Betung, Desa Batang Kulim dan Desa Kusuma serta satu kelurahan, yakni Desa Sorek Satu. Namun, pihak perusahaan tidak kunjung hadir. ''Ya, kesannya seperti tidak serius, sementara yang mengundang kan wakil rakyat dan rakyat di daerah tersebut menanti kepastian perusahaan,'' kesal Wadud yang juga Ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Pelalawan (Hipmawan).
 
Adapun jalan yang disepakati untuk dilakukan peningkatan, panjangnya berkisar 13 kilometer. Saat ini, ruas jalan tersebut kondisinya dibangun dari tanah. HUjan berlumpur, kering berdebu. 
 
Ditambahkan dia, rapat teknis untuk pembahasan peningkatan kualitas jalan ini tidak mungkin bisa dilaksanakan kalau pihak perusahaan tidak hadir. Karena, status lahan tersebut berada di sekitar areal perusahaan. ''DPRD, Pemkab Pelalawan melalui Dinas PU sudah dua kali mengundang, tapi tak juga datang, padahal sudah sama-sama sepakat sebelumnya untuk didudukkan bersama teknisnya, eh...tak datang-datang...'' kata Wadud.
 
Adapun aksi yang akan dilakukan besok, dikatakan dia adalah aksi damai. Kami meminta sikap perusahaan untuk kesepakatan yang sudah dibuat.
 
Arara Abadi adalah anak perusahaan dari PT Indah Kiat Pulp and Paper, grup usaha Sinar Mas milik Taipan terkaya Indonesia, Eka Cipta Widjaja yang bergerak di bidang Hutan Tanaman Industri. Perusahaan ini juga memiliki sejumlah areal usaha di wilayah Pelalawan dengan luasan yang cukup besar.
 
Perusahaan tersebut sudah beraktivitas di kawasan tersebut selama hampir 10 tahun terakhir. (R11)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index