Waduh...Sudah 3 Orang Meninggal Akibat Rabies di Bengkalis

Waduh...Sudah 3 Orang Meninggal Akibat Rabies di Bengkalis
Ilustrasi

BENGKALIS (RIAUSKY.COM) - Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, H Burhanuddin membuka workshop pembebasan rabies di Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat di Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Selasa kemarin.

 
Dalam sambutannya, Sekda mengatakan bahwa rabies atau penyakit anjing gila, merupakan salah satu penyakit hewan yang dapat ditularkan pada manusia atauzoonosis, dapat menyebabkan kematian, baik pada hewan maupun manusia.
 
Selain itu, juga bisa menimbulkan dampak yang sangat merugikan, karena dapat mengganggu ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta merusak sendi ekonomi, politik, serta sosial budaya di suatu wilayah.
 
Mengingat besarnya dampak bisa yang ditimbulkan, maka perlu penanganan yang serius dan berkesinambungan dari seluruh pemangku kepentingan, tidak terkecuali partisipasi aktif masyarakat.
 
Apalagi di Kabupaten Bengkalis khususnya, ada kecendrungan kasus rabies kembali meningkat dari tahun ke tahun.Sebagai informasi, dalam rentang tahun 2009 hingga 2015, terjadi 19 kasus konfirmasi positif rabies.
 
Dimana 2 kasus terjadi di Pulau Rupat, 11 kasus di Pulau Bengkalis dan 6 kasus terjadi di wilayah Kabupaten Bengkalis yang ada di Pulau Sumatera.“Dari jumlah kasus tersebut, 3 orang meninggal dunia (1 orang di Pulau Rupat dan 2 orang di Pulau Bengkalis),” ujar Sekda. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index