Pemkab Rohil Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkades Serentak

Pemkab Rohil Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkades Serentak
Wan Rusli Syarif

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Seluruh panitia pemilihan dan panwas kepenghuluan mengikuti sosialisasi pengawasan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2016, Rabu 27 April 2016. 

 
Sosialisasi pengawasan tersebut bertujuan agar setiap panitia pemilihan dan panwas di 64 desa memahami tatacara pengaduan, penyeleksian dan membuat keputusan jika ditemukan sengketa terhadap berlangsungnya pilkades serentak. 
 
Sosialisasi yang digelar di lantai empat kantor Bupati  ini dipimpin Asisten I bidang Pemerintahan Setdakab Rohil, Wan Rusli Syarif dan dihadiri oleh Kepala Pemdes Rohil, Jasrianto serta seluruh panitia pemilihan dan panwas kepenghuluan. 
 
Wan Rusli Syarif dalam sambutannya mengatakan sosialisasi pengawasan ini perlu diberikan kepada setiap penyelenggara pilkades, dengan sosialisasi ini diharapkan setiap panitia pemilihan dan panwas mampu memahami tata cara pengaduan, penyeleksian dan membuat sebuah keputusan jika ditemukan sengketa disaat berlangsungnya pilkades.
 
“Jika sengketa tersebut tidak bisa diputuskan oleh pihak penyelenggara pemilu ditingkat desa, maka bisa dilimpahkan kepada tim monitoring kecamatan untuk menyelesaikannya, jika tim monitoring kecamatan kesulitan untuk menyelesaikan sengketa tersebut, maka bisa dilimpahkan ke tim monitoring kabupaten. setelah tim monitoring kabupaten memutuskan maka akan diserahkan kepada Bupati untuk di putuskan” tambahnya.
 
Saat ini seluruh panitia pemilihan tingkat desa sudah memfinaslisasi data pemilihan tetap (DPT) di 64 desa se-rokan hilir. DPT disetiap desa akan diketahui oleh setiap calon dan tidak bisa diganggu gugat. (R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index