Kantor Disnaker Tutup, Buruh di Duri Demo di Depan Kantor Camat

Kantor Disnaker Tutup, Buruh di Duri Demo di Depan Kantor Camat
Ilustrasi demo buruh.

DURI (RIAUSKY.COM)- Sempat dikhawatirkan akan ricuh karena isu pemutusan hubungan kerja di banyak perusahaan di sekitaran wilayah Duri, peringatan May Day di Kota Duri, kecamatan mandau Bengkalis berlangsung aman dan lancar.

Ribuan buruh yang turun ke jalan memenuhi beberapa ruas jalan sembari membawa beberapa spanduk dan pamflet bertuliskan beberapa harapan mereka terhadap kebijakan ketenagakerjaan yang harusnya  berpihak pada kesejahteraan nasib buruh.

Mereka hanya berkumpul di depan Kantor Camat Mandau di jalan Sudirman sembari membacakan beberapa tuntutannya.

Ada beberapa tuntutan yang disampaikan oleh koordinator buruh yang bergabung di dalam DPC K-SPSI Kabupaten Bengkalis, yakni:

Pertama, mereka menuntut pihak perusahaan untuk  meminimalisir PHK disemua sektor yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Kedua, para pekerja meminta konsistensi dalam pelaksanaan Perda nomor 4 tahun 2004 tentang penempatan tenaga kerja penduduk tempatan.

Ketiga, mengusulkan tarif bongkar muat tandan Buah Segar (TBS) sawit dari Rp12 per kilogram menjadi Rp15  per kilogram.

Serta tuntutan keempat meminta kepada pemerintah untuk melibatkan dan mengikutsertakan dalam pelatihan dan pendidikan di dalam program Disnakertrans Kabupaten Bengkalis, terhadap seluruh anggota Federasi DPC K-SPSI Kabupaten Bengkalis dan berkesinambungan.

Sedianya, aksi demonstrasi ini dilaksanakan oleh ribuan buruh se Kabupaten bengkalis tersebut di Kantor  Dinas tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) di Jalan Pipa Air Bersih. hanya saja, dikarenakan hari libur, perwakilan buruh hanya menyerahkan pernyataan sikap kepada perwakilan aparat.


Aksi unjuk rasa di Kota Duri, ini memang mendapat perhatian eksta khusus karena mencuatnya persoalan ketenagakerjaan di daerah ini dalam beberapa bulan terakhir. Sebanyak 300 personel Polisi dikerahkan untuk menjaga kemungkinan situasi yang tidak diinginkan.


Ratusan personel dari Polres Bengkalis, Polsek Mandau, Polsek Pinggir, Polsek Rupat dan Polsek Rupat Utara, 1 kompi personel Brimobda Riau bahkan Detasemen B Rokan Hilir juga ikut dikerahkan pagi tadi. (R10)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index