Kata PUSPOL...Respon Publik Rendah, Firdaus Masih Populer dengan 27 Persen

Kata PUSPOL...Respon Publik Rendah, Firdaus Masih Populer dengan 27 Persen
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pusat Studi Sosial dan Politik (Puspol) Indonesia mengunggah hasil penelitiannya terkait pelaksanaan Pemilihan Wali Kota Pekanbaru yang akan dilaksanakan 2017 yang akan datang.

Hasil yang paling mengejutkan dari survei yang dilaksanakan pada 18 Maret hingga 5 April 2016 lalu dengan jumlah sampel sebanyak 1.077 orang dan tersebar di 12 kecamatan di Kota Pekanbaru adalah rendahnya respon publik terhadap proses pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan awal tahun depan tersebut.

Puspon sendiri memperkirakan sikap tersebut muncul dikarenakan kejenuhan publik terhadap janji-janji politik pasangan calon yang bertarung pada pilkada.

''Dari total responden, hanya sebanyak 1,35 persen yang mengaku sangat sering membahas tentang pelaksanaan pilkada. Sebanyak 8,63 persen sering, sehingga bila ditotal, jumlah responden yang yang merespon pelaksanaan pilkada hanya berkisar 9,98 persen.

Angka ini berbanding terbalik dengan respon yang mengatakan jarang membahas Pilwako Pekanbaru dengan persentase mencapai 36,07 persen,'' ungkap Ubaidillah dalam press conferrence yang dilaksanakan di Rumah Makan Pondok patin HM Yunus, Senin, 2 Mei 2016  siang tadi.

Dari sisi respon terhadap kepuasan responden terhadap pelaksanaan program pembangunan, hampir berkisar 59 responden mengaku tingkat pencapaian yang dilakukan Pemko Pekanbaru belum sesuai dengan harapan. ''"Penilaian ini mempengaruhi tingkat kepuasan responden atas kinerja pemerintahan saat ini," kata Ubai.

Dari survei tersebut yang dilakukan, lanjut Ubedilah, jumlah yang menginginkan munculnya tokoh baru mencapai 53,95 persen, sedangkan yang ingin calon incumbent berkisar 22,87 persen.

Begitu pun, dari 12 nama bakal calon yang sudah muncul saat ini, Firdaus masih diunggulkan dengan persentase mencapai 27 persen, disusul Ayat Cahyadi 21 persen, Septina 21 persen, Erizal muluk 15 persen dan Irvan Herman 12 persen.

Adapun kemunculan sejumlah tokoh-tokoh muda baru, tetap menjadi perhitungan sendiri dari respon publik. Zulfan Hafizh masih diasumsikan sebagai bakal calon yang dikenali dengan persentase sebesar (4 persen), sementara Firdaus Ces, Ade Hartati, Marheylin, Said Usman dan Agus Sumarsono masing masing 3 persen. Di posisi kunci ditempati Taufiq Arrahman.(R11)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index