Baznas Pekanbaru Bagikan Zakat Tahap II

Baznas Pekanbaru Bagikan Zakat Tahap II
M Noer MBS
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru, melaksanakan pembagian zakat tahap ke dua tahun 2016 yang dibagikan secara simbolis oleh Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT, pada Selasa, 10 Mei 2016.
 
"Hari ini kita melaksanakan pembagian zakat tahap ke dua yang diserahkan kepada 239 orang penerima zakat, kepada mereka yang telah kita seleksi" kata Ketua Baznas Kota Pekanbaru yang juga Sekdako Pekanbaru, HM Noer MBs.
 
Dijelaskannya, dana zakat ini merupakan dana yang telah dihimpun dari berbagai pihak terutama dari para donatur. Potensi dana yang dihimpun oleh Baznaz ini berasal dari gaji PNS, pengusaha dan secara sukarela mengantar langsung kepada Baznaz.
 
"Dana yang dikumpulkan inilah yang di distribusikan kepada yang berhak. Penerima zakat inipun terdiri dari beberapa program yang diberikan," jelasnya.
 
Adapun program yang dimaksud oleh M Noer adalah program Pekanbaru makmur, program Pekanbaru cerdas, program Pekanbaru peduli dan program Pekanbaru sehat.
 
"Untuk Pekanbaru makmur penerima sebanyak 124 orang, Pekanbaru cerdas sebanyak 39 orang, Pekanbaru peduli sebanyak 73 orang dan Pekanbaru sehat sebanyak 30 orang," terang Sekko.
 
Adapaun jumlah uang yang diserahkan kepada mereka yang menerima zakat pada hari ini adalah Rp 347 juta. Untuk tahun ini, kata M Noer, jumlah dana yang telah dihimpun sampai April sebanyak Rp 2,3 miliar.
 
"Dana inilah yang terus kita salurkan kepada masyarakat. Kita menyalurkan dana ini diinformasikan seluas mungkin kepada camat, lurah, RT dan RW," ulasnya.
 
Kata Sekko, pendistribusian dana zakat tersebut disalurkan melalui rekening penerima dari Bank Syariah Mandiri. "Jadi bukan melalui langsung lagi, tapi dikirim melalui rekening tabungan mereka," katanya
lagi.
 
Dirinya mengharapkan, kepada mereka yang menerima zakat tersebut, bisa menggunakan bantuan tersebut secara baik. "Sehingga ke depannya mereka bukan lagi menerima melainkan kebalikannya, yakni memberi bantuan," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index