Potensi Besar, Masyarakat Harus Dilibatkan Jadi Pemandu Wisata

Potensi Besar, Masyarakat Harus Dilibatkan Jadi Pemandu Wisata
Fahmizal
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) terus berupaya memaksimalkan pembinaan pemandu wisata lokal. 
 
Salah satu strategi yang dilakukan adalah melibatkan masyarakat untuk menaid pemandu wisata. 
 
Hal itu diutarakan Kepala Disparekraf Riau Fahmizal di Pekanbaru. Ia menilai, hal itu berhubungan dengan upaya sosialisasi sadar wisata di kabupaten/kota se Riau. 
 
"Jadi masyarakat dapat berperan menjadi pemandu wisata di daerahnya masing-masing. Ini yang sedang kita upayakan," kata dia mengulas.
 
Fahmizal menambahkan, potensi pariwisata di Riau sangat besar dengan beragam keistimewaan. Mulai dari wisata budaya, perdagangan, alam dan beragam potensi destinasi lainnya. 
 
Kegiatan tersebut juga menghadirkan beberapa pembicara nasional. Seperti Perwakilan Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Bali Sang Putu Subaya, Perwakilan STP Bandung Sugeng Hermanto, LSP Lancang Kuning Drs Riyono Gede Trisoko, Ketua Asita Riau Dede Firmansyah dan HPI Riau Osvian Putra.
 
Dalam kesempatan tersebut, Fahmizal menerangkan, masyarakat tempatan memiliki potensi menjadi pemandu wisata, hanya saja untuk memaksimalkan hal tersebut diperlukan sumberdaya manusia yang sadar wisata dan sikap keramahtamahan kepada wisatawan.
 
"Untuk itu saya harapkan pemandu wisata kita kaya akan informasi. Khususnya di dekat tempat tinggal. Kalau ini berjalan saya optimis pariwisata Riau dapat lebih maju," katanya. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index