Jukir Ilegal Marak di Pekanbaru, Ini Solusi Dishub Pekanbaru

Jukir Ilegal Marak di Pekanbaru, Ini Solusi Dishub Pekanbaru
Ilustrasi Juru Parkir
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Persoalan parkir di Pekanbaru semakin kacau tak hanya permasalahan juru parkir (jukir) ilegal namun juga ada yang membuka titik-titik parkir ilegal. Diantaranya di MTQ dan kawasan sekitarnya.
 
Demikian dikatakan oleh Kasubag UPTD Parkir Dishub Kota Pekanbaru Sarwono, Rabu, 10 Mei 2016 bahwa persoalan parkir disebabkan oleh dua faktor. 
 
Pertama, banyaknya juru parkir (Jukir) liar yang membuka titik parkir sembarangan. Sedangkan yang kedua disebabkan oleh bandelnya pengendara yang memarkirkan kendaraan di zona-zona bebas parkir.
 
Sarwono menyebut, kedua faktor tersebut memiliki keterkaitan. Sebab, munculnya jukir liar dikarenakan banyaknya pengendara yang memarkirkan kendaraannya di zonas bebas parkir. Padahal, pihaknya sudah memasang rambu-rambu bebas parkir sebelumnya.
 
"Kebanyakan dari mereka bermain kucing-kucingan. Ketika didatangi justru kabur. Ini yang membuat penertiban jukir menjadi sulit," katanya.
 
Selain itu, beberapa jukir juga banyak yang memanfaatkan lahan di pinggiran jalan sebagai tempat parkir dadakan. Bahkan, pihaknya pernah menemukan tiket parkir palsu di salah satu titik parkir di kawasan MTQ.
 
"Ada juga yang sampai mencetak karcis parkir sendiri. Bentuknya sama, ada logo Dishub Kota Pekanbaru, namun harganya Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil," paparnya.
 
Menyikapi hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) khusus menggantikan Perda nomer 2/2009 tentang penyelenggaraan perparkiran. Dalam ranperda tersebut, pihaknya ingin menambah besaran sanksii denda menjadi lebih tinggi.
 
"Pada Perda nomer 5/2009 kan dijelaskan, bahwa denda setelah penderekan kendaraan roda empat hanya Rp20 ribu. Dalam Ranperda nanti, akan kita naikkan sampai Rp600 ribu," paparnya.
 
Ia berharap, agar Ranperda tersebut dapat segera diselesaikan dan disahkan oleh DPRD Kota Pekanbaru. Dengan demikian, pihaknya dapat berlaku lebih tegas, baik pada pengendara maupun pelaku jukir liar.
 
"Dengan adanya aturan itu, kita berharap, penyelenggaraan perparkiran di Kota Pekanbaru dapat berjalan lebih baik lagi," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index