Sayap Garuda Scholars Gathering, Pendidikan untuk 'Perangi' Kemiskinan

Kamis,12 Mei 2016 | 17:52:23 WIB
Sayap Garuda Scholars Gathering, Pendidikan untuk 'Perangi' Kemiskinan
Ket Foto : Beasiswa Sayap Garuda
PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) – Ratusan penerima beasiswa Yayasan Sayap Garuda Tanoto Foundation berpartisipasi dalam kegiatan Yayasan Sayap Garuda Scholars Gathering di Hotel Unigraha, Riau Kompleks, Pangkalan Kerinci, Kamis, 12 Mei 2016.
 
Dalam kesempatan ini, para penerima yang terdiri dari siswa jenjang SD, SMP dan SMA di Propinsi Riau bersilaturahmi dengan sesama penerima beasiswa, tim Tanoto Foundation dan juga management APRIL Group.
 
Gathering Beasiswa Sayap Garuda merupakan acara tahunan yang mempertemukan penerima beasiswa Tanoto Foundation. Mengusung tema “Learn and Lead”, para penerima beasiswa atau Tanoto Scholars dilatih untuk mengembangkan prinsip terus belajar serta memiliki jiwa kepemimpinan. Untuk tahun 2016, Gathering untuk provinsi Riau diikuti oleh 148 penerima Beasiswa Sayap Garuda. 
 
“Pendiri Tanoto Foundation, Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto, percaya bahwa pendidikan merupakan faktor yang penting dalam penanggulangan kemiskinan. Tanoto Foundation telah memberikan lebih dari 6,400 beasiswa kepada murid dan mahasiswa di Indonesia. Beasiswa Sayap Garuda merupakan dukungan Tanoto Foundation bagi anak-anak pedesaan agar mereka mendapatkan akses yang lebih baik terhadap pendidikan. Dukungan ini sudah berjalan sejak 2006 dan lebih dari 2.600 murid telah merasakan manfaatnya,” kata anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation Anderson Tanoto.
 
Ketua Pengurus Tanoto Foundation, Sihol Aritonang menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka membuka jejaring atau koneksi para penerima beasiswa untuk terus melebarkan sayap mereka meraih sukses melalui jaringan yang luas. Dia meyakini kesuksesan juga ditunjang oleh seberap luas jejaring seseorang dalam menjaring hubungan mereka dengan orang lain.
 
“Gathering Sayap Garuda sudah mulai rutin kita adakan sejak tahun 2012. Sukses seseorang tidak hanya ditentukan oleh kepintaran tetapi juga jejaring yang kuat. Dengan kegiatan ini, diharapkan penerima beasiswa bisa saling mengenal, saling belajar dan saling menginspirasi satu sama lain,” ujar Sihol.
 
Disampaikan Sihol, dukungan yang diberikan kepada para penerima tidak hanya dengan uang, tetapi dengan berbagai pelatihan softskill seperti kepemimpinan dalam tim serta bagaimana menerapkan nilai utama yang menjunjung kesuksesan
 
“Sukanto meyakini pendidikan menjadi kunci peningkatan kualitas hidup. Sukanto ingin semua generasi muda dapat kesempatan untuk pendidikan. Ada tiga pesan yang disampaikan yakni keinginan untuk tidak berhenti belajar, jangan malu bertanya, dan jangan pernah menyerah, never give up,” ungkap Sihol.
 
Salah seorang penerima beasiswa, Rizka Sabrina, mengungkapkan dirinya sangat senang bisa mendapatkan beasiswa Sayap Garuda. Dia menceritakan, dirinya telah menerima beasiswa sejak duduk dibangku kelas 4 SD dan bisa meringankan beban kedua orang tuanya yang telah bekerja belasan tahun di PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) untuk membiayai pendidikannya.
 
“Seneng banget dapat beasiswa. Uang beasiswa bisa dibeli untuk buku pelajaran, alat tulis dan juga uang jajan sendiri. Ayo kita semua semangat, tetap giat belajar biar beasiswanya tidak putus,” seru siswi kelas 2 SMP Global Andalan itu.
 
Selain Rizka, perasaan senada juga diungkapkan oleh Arga Alfajri. Siswa kelas 1 SMA Bernas yang bercita-cita ingin menjadi nakhoda itu mengungkapkan dirinya telah mendapatkan beasiswa Sayap Garuda sejak kelas 1 SMP hingga sekarang. “4 tahun saya berusaha agar terus giat belajar sehingga bisa mendapatkan beasiswa. Harapan untuk Tanoto Foundation, semoga bisa terus memberikan beasiswa kepada teman-teman, adik-adik dan kakak-kaka agar kami semangat terus belajar dan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi,” ucapnya.
 
Beasiswa Yayasan Sayap Garuda merupakan bentuk perhatian keluarga Tanoto terhadap karyawannya yang diwujudkan dalam bentuk pemberian beasiswa bagi anak-anak dan karyawan berprestasi. Yayasan Sayap Garuda Tanoto Foundation ini bekerja sama dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Asian Agri (AA) dan juga RGE. Lebih dari 2000 siswa telah menerima beasiswa Yayasan Sayap Garuda Tanoto Foundation sejak tahun 2006 hingga 2016. (R02/RLS)

FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS