Hasil Uji Coba Plastik Berbayar Habis, Dilanjutkan atau Tidak Pak Wako?

Hasil Uji Coba Plastik Berbayar Habis, Dilanjutkan atau Tidak Pak Wako?
Mas Irba Sulaiman
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru menyebutkan bahwasanya masa uji coba plastik berbayar sebesar Rp 200 di Pekanbaru selesai pada bulan Mei 2016 sejak di mulai Maret 2016 lalu.
 
"Selama ujicoba tersebut, akan banyak masukan dan tentunya akan dievaluasi," sebut Mas Irba Sulaiman selaku Kabid Perdagangan Disperindag kota Pekanbaru, Ahad, 15 Mei 2016.
 
Irba menyebutkan, pihaknya akan menggelar rapat untuk evaluasi dengan SKPD terkait, mengenai plastik berbayar tersebut.
 
"Apakah ada perubahan sampah plastik. Berkurang atau sama saja dengan yang sudah-sudah, atau pun lebih parah. Kita minta datanya dari BLH (Badan Lingkungan Hidup) dan DKP (Dinas Kebersihan dan Pertamanan). Dari rapat nanti, baru hasilnya bisa diketahui. Apakah dilanjutkan atau tidak," terangnya.
 
Namun yang pasti, kata Irba, kelanjutan plastik berbayar tersebut akan diputuskan Mei ini, setelah pihaknya menggelar rapat final dengan Kementerian. Yang paling ditekankan saat ini, setiap pelaku usaha diwajibkan menyediakan kantong kertas (paper bag).
 
Saat ini, dari 23 provinsi plus kabupaten/kota seluruh Indonesia yang ikut program ini di Makasar beberapa waktu lalu, baru 17 daerah yang menerapkannya. Tujuan surat edaran Kementerian Lingkungan Hidup terkait program ini, untuk mengurangi limbah plastik. Idealnya, untuk mengurangi limbah plastik tersebut, pelaku usaha menyediakan kantong kertas. Bukan menjual kantong plastik. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index