Besok, 18.135 Siswa Kelas VI SD di Pekanbaru akan Ikuti US

Besok, 18.135 Siswa Kelas VI SD di Pekanbaru akan Ikuti US
Abdul Jamal
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - 18.135 siswa Sekolah Dasar (SD) sederajat, baik negeri maupun swasta di Pekanbaru akan mengikuti Ujian Sekolah (US), Senin besok, 16 Mei 2016. 
 
Ribuan siswa sekolah dasar tersebut tersebar di 275 sekolah yang ada di Pekanbaru. Siswa yang mengikuti ujian ini menempati ruang kelas yang jumlahnya mencapai 1.033 ruangan dan akan diawasi oleh 2.066 pengawas.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengungkapkan, US merupakan ujian sekolah yang soalnya dibuat oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi. Berbeda dengan Ujian Akhir Sekolah (UAS) SD yang sudah selesai dilaksanakan beberapa pekan lalu.
 
UAS SD seluruh soal diisiapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, sementara untuk US SD soal ujian dibuat oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dengan persentasi 25 persen dari pemerintah pusat dan 75 persen dari pemerintah provinsi.
 
"Kalau di tingkat SMP atau SMA ini sama dengan Ujian Nasional (UN), di SD tidak disebut UN namanya Ujian Sekolah (US), kalau UN kan soalnya 100 persen dari pusat," kata Jamal.
 
US siswa SD akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 16 hingga 19 Mei. Sedangkan untuk mata pelajaran yang di ujian ada tiga, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index