Juli, Sebanyak 20 Unit Bus Hibah Siap Beroperasi

Juli, Sebanyak 20 Unit Bus Hibah Siap Beroperasi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - 35 unit Busway hasil hibah Kemenhub RI saat ini sudah sampai di Pekanbaru. Rencananya, Bus berukuran jumbo tersebut akan dimaksimalkan sebagai tenaga angkutan massal dalam Kota Pekanbaru.
 
Demikian dikatakan Kepala UPT Pengelolaan Angkutan Perkotaan (PAP) Dishub Kota Pekanbaru,  Wisnu Herryanto, Selasa, 17 Mei 2016.
 
Disebutkannya, 35 unit busway tersebut adalah bagian dari 50 unit busway yang dihibahkan. Rencananya, 15 unit sisanya akan segera diberikan sebelum 31 Mei mendatang.
 
"Kabarnya sudah dalam perjalanan menuju Pekanbaru. Kemungkinan saat ini sedang dalam perjalanan," katanya.
 
Ia juga menjelaskan, Dishub Kota Pekanbaru akan mengoperasikan sebanyak 20 unit busway saja. Hal tersebut disesuaikan dengan besaran anggaran operasional yang sudah dialokasikan dalam APBD Murni 2016.
 
"Jumlah tersebut sudah dianggarkan sebelumnya. Sisanya akan segera menyusul, karena kita terkendala berbagai hal untuk menganggarkan semuanya," sampainya.
 
"20 unit busway itu akan dioperasikan paling cepat minggu pertama Juli nanti," tambah Wisnu.
 
Rencananya, sisa 30 unit lainnya akan segera dioperasikan jika rencana anggaran yang dialokasi pada RAPD Perubahan Kota Pekanbaru disetujui nanti. Dengan demikian, jumlah busway yang akan beroperasi akan berjumlah 109 ditambah dengan 50 unit busway TMP PD Pembangunan dan sembilan unit busway besar yang lama.
 
"Saat ini yang beroperasikan ada 59. 50 busway ukuran kecil (TMP) dan sembilan busway besar yang lama. Kita belum tahu apakah tahun depan kontrak sewa 50 unit busway kecil diperpanjang atau tidak," paparnya.
 
"Kalau diperpanjang, berarti jumlah unit yang akan beroperasi tahun depan akan mencapai 109 unit," pungkasnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index