Peduli Asap, Chevron Bagikan 10 Ribu Masker N95

Jumat,25 September 2015 | 14:57:04 WIB
Peduli Asap, Chevron Bagikan 10 Ribu Masker N95
Ket Foto : Siswa yang menerima masker dari Chevron
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kabut asap yang berkepenjangan dapat membahayakan kesehatan masyarakat. Dalam tiga pekan terakhir, SKK MIGAS dan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) telah membagikan sekitar 10.000 masker respirator jenis N95 bagi masyarakat sekitar. 
 
Edukasi bahaya kabut asap juga dilakukan ke sekolah-sekolah dengan menjelaskan cara pemakaian masker yang benar dan membagikan brosur berisi tips pencegahan asap masuk ke dalam rumah. Kegiatan tersebut di antaranya dilakukan di sekitar wilayah operasi perusahaan di Duri, Dumai, Rumbai dan Minas.
 
Tidak hanya itu, tim pemadam kebakaran CPI juga terjun langsung membantu pemadaman api di beberapa lokasi kebakaran. 
 
“Kami berusaha membantu masyarakat guna meminimalisasi paparan kabut asap yang pekat dan berbahaya,"’ ujar Manager Communications CPI Tiva Permata. 
Masker tipe N95 mampu menyaring hingga 95% partikel pencemar udara.
 
Kelompok yang rentan terhadap risiko kabut asap adalah bayi di bawah usia satu tahun, ibu hamil, penderita asma dan penderita jantung. Dalam jangka pendek, kabut asap dapat mengakibatkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), memicu dan memperberat serangan asma. Sementara dalam jangka panjang, kabut asap dapat menganggu kesehatan janin. 
 
Menurut data Dinas Kesehatan Provinsi Riau per 21 September 2015, terdata sejumlah 27.327 penderita ISPA. Selain ISPA, penyakit yang dapat timbul akibat kabut asap adalah pneunomia, asma, iritasi mata dan kulit. (R02)

Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com

 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita"Kesehatan" Index »
IKLAN BARIS