Bupati Irwan Lepas 89 Atlet Meranti ke Popda ke-13 Riau

Bupati Irwan Lepas 89 Atlet Meranti ke Popda ke-13 Riau
SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) – Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi melepas keberangkatan kontingen atlet ke Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Riau, di Pelabuhan Tanjung Harapan, Senin (23/5) pagi. 
 
Kontingen tersebut terdiri dari 89 atlet dan 31 pelatih dan official pertandingan.
 
Pelepasan dilakukan dalam bentuk apel di halaman Terminal keberangkatan. Bupati meminta seluruh atlet berlaga dengan sungguh-sungguh guna meraih hasil maksimal sehingga bisa mengharumkan nama daerah.
 
“Adik-adik dan anak-anak semua adalah duta-duta Meranti. Jadi suatu keharusan menjaga nama baik daerah kita. Tunjukkan bahwa kita bisa dengan cara mencapai hasil maksimal. Harumkan nama daerah dan banggakan orangtua dan masyarakat Meranti,” ujar Bupati Irwan saat memberikan sambutan.
 
Namun demikian Bupati juga memahami kondisi atlet yang minim fasilitas dan pendanaan. Menurutnya, hal ini tidak dapat dielakkan karena kondisi keuangan daerah yang sangat terbatas. “Saya memaklumi pelepasan kontingen tahun ini agak berbeda dari sebelumnya akibat kondisi keuangan kita. Namun jangan jadikan ini alasan. Justru di saat kondisi terbatas inilah kita menunjukkan bahwa kita bisa berprestasi. Dengan mental yang baik dan keseriusan kita harus yakin bisa berprestasi,” tegas dia.
 
Untuk mendukung fasilitas atlet ini di Pekanbaru, Irwan meminta pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga berkoordinasi guna memanfaatkan bus dan mess milik Pemda. “Kita memiliki bus dan mess yang cukup baik. Manfaatkan untuk angkutan atlet dan tempat tinggal. Mungkin atlet putri bisa di mess,” saran Bupati.
 
Sebelumnya Ketua Kontingen Rayan Pribadi menyampaikan laporan bahwa kekuatan kontingen Popda tersebut berjumlah 120 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 89 orang adalah atlet yang akan diterjunkan ke berbagai cabang olahraga yang diperlombakan.
 
Adapun perinciannya adalah cabang sepakbola 20 orang, volley ball 10 atlet, takraw 17 atlet,  bulutangkis 5 atlet, tenis meja 5 atlet, silat 9 atlet, tenis lapangan 5 atlet, dan basketball 20 atlet. “Para atlet ini didampingi pelatih dan pendamping,” sebut Rayan.
 
Para atlet ini akan berlaga di Popda ke-13. Mereka akan berada di Pekanbaru sekitar enam hari. Popda itu sendiri dijadwalkan mulai 24-30 Mei mendatang.
 
Pengalaman bertanding
Menjawab pertanyaan media mengenai target dalam Popoda ini, Bupati Irwan menyadari berbagai keterbatasan. Untuk itulah dia tidak memasang target muluk-muluk. Baginya, sudah cukup jika atlit yang masih muda-muda tersebut mendapat motivasi dan pengalaman bertanding.
 
“Untuk seluruh daerah di Riau, kita memang harus mengakui baik fasilitas dan pengelolaan atlet kita masih minim. Kita berikan mereka motivasi dan pengalaman bertanding dahulu, syukur-syukur mereka bisa berprestasi,” ucapnya. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index