Jelang Puasa, Harga TBS Sawit Kembali Melemah

Jelang Puasa, Harga TBS Sawit Kembali Melemah
Ilustrasi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Fluktuasi harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit kembali melemah karena harga CPO di bursa komoditas ICDX Jakarta mengalami pelemahan yang signifikan. 
 
Hal ini terjadi sejak pembukaan perdagangan pekan lalu. Diharapkan, ke depan harga TBS Riau dapat membaik. 
 
Sekretaris Penetapan Harga TBS sawit Riau, Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Rusdi mengatakan, harga bergerak dikisaran Rp7.653 sampai dengan Rp7.918. Bahkan cenderung menurun setiap hari bahkan hampir menyentuh level terendah, terjadi pada penutupan perdagangan Jumat kemarin dan menyentuh angka Rp7.653 per kilogram.
 
"Hal yang tidak jauh berbeda juga terjadi di pasar lokal CPO Riau meskipun harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan lelang ICDX," katanya menuturkan.
 
Ia mengatakan, di bursa Kuala Lumpur juga mengalami hal yang sama, perdagangan terpantau turun. Pelemahan harga CPO ini terpicu menguatnya nilai tukar ringgit terhadap dollar AS dan pelemahan harga minyak mentah.
 
"Untuk penguatan ringgit menjadikan harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih mahal bagi pembeli luar negeri. Sehingga permintaannya cenderung menurun," kata dia menguraikan. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index