50 Unit Bus yang Baru Diharapkan Bisa Penuhi Kebutuhan Masyarakat Pinggiran Pekanbaru

50 Unit Bus yang Baru Diharapkan Bisa Penuhi Kebutuhan Masyarakat Pinggiran Pekanbaru
Bus transmetro
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Said Usman Abdullah, meminta agar 50 unit Bus TMP bantuan Kemenhub RI yang diberikan ke Pemko Pekanbaru dapat segera beroperasi di Kota Pekanbaru. Said Usman berharap, bus ini nantinya akan menjadi sarana transportasi umum di Kota Pekanbaru, seperti halnya TMP.
 
“Jika TMP yang ada sekarang dikelola PD Pembangunan, kita memang berharap agar 50 bus baru ini dikelola UPTD Dishub Pekanbaru. Pengelolaannya sesuai dengan kebutuhan daerah, di UPTD tersebut,” kata Said, kepada wartawan, Jum'at, 27 Mei 2016.
 
Politisi PPP ini menjelaskan, tujuan 50 bus baru ini dikelola Dishub, agar dapat mengukur keberhasilan sarana transportasi massal. Sehingga menjadi pembeda, mana yang akan berhasil, apakah dikelola pihak ketiga atau pemerintah.
 
“Tentu ada perbandingan. Yang jelas dapat melayani kebutuhan masyarakat dari sisi transportasi. Kita berikan support ketika dikelola UPTD Dishub. Namun yang jelas, 50 bus ini nanti bisa mengcover kebutuhan masyarakat. Terutama yang di pinggiran, yang selama ini tidak dilalui TMP ini,” ungkapnya.
 
Dikatakannya lagi, pelayanan transportasi umum harus berdaya guna secara maksimal bagi masyarakat. Mengingat, bantuan 50 unit dari pemerintah pusat itu perlu lebih dan ada kejelasan.
 
“Artinya harus bermanfaat. Ini patut disyukuri dan tepat guna. Karena kalau kita nilai sejauh ini, yang kurang itu adalah penempatan dan fasilitas pedukung, harusnya jauh hari sudah terkondisikan, sehingga bantuan yang diberikan tidak sia-sia lagi,” terangnya.
 
Perlu ada koridor yang tepat dan memadai. Terutama kebutuhan yang ada di daerah pinggiran. Ketika anggaran untuk pembangunannya belum ada nantinya, perlu dicarikan solusi.
 
“Harapan kita jangan sampai bantuan pemerintah pusat ini terabaikan. Pemko harus memprioritaskan bus yang dibantu oleh pusat ini tersedia dengan baik, artinya mau tak mau, baik itu fasilitas secara permanen atau sementara, harus diadakan,” pintanya.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index