Manasik Tuntas, Jamaah Haji Rokan Hilir Siap untuk Diberangkatkan

Manasik Tuntas, Jamaah Haji Rokan Hilir Siap untuk Diberangkatkan
Suasana manasik calon jamaah haji Rokjan Hilir di Lapangan Perteba.
BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM)- Asisten III Ali Aspar bersama ulama dan Kakankemenag Agustiar menutup secara resmi pembelajaran manasik haji di gedung serba guna jalan utama bangko, Bagansiapiapi.
 
Manasik haji ini berlangsung selama 5 hari , hari ke 4 telah dilakukan secara praktek yang dilakukan di Perteba yang berada di belakang kantor bupati.
 
Nurhidayat Kabag Kesra mengatakan  ''Bahwa kami dari pihak kabupaten telah melakukan pembekalan materi dan praktek, tinggal lagi kami mempersiapkan untuk transportasi haji,'' kata dia.
 
Disisi lain sebagai pemberian materi kepada jamaah haji yaitu dr Jamaluddin Jamil dari Lembaga Dakwah Indonesia Provinsi Riau mengatakan pembekalan materi telah kita lakukan sejak kamis dan siang ini kita melakukan simulasi/praktek pelaksanaan haji, sesuai dengan titik yang akan dilaksanakan jemaah haji nantinya.
 
''Mulai dari hotel mereka ber- ihrom nantinya menuju ke Arafah, kita atur disini, setelah itu mereka Wukuf dan ke Musdalifah, dan malamnya kita menuju ke Mina dan menginap di Mina,seolah-olah mereka kita bawa kemudian ke Makkah ,semua ini kita atur disini agar secara praktek sesuai dengan disana nantinya" terang Jamiluddin.
 
Untuk kesehatan kondisi jamaah,  sejauh ini semuanya sehat wal afiat. Kalau pun ada pusing sedikit biasalah itu dikarenakan jamaah kita ada yang sudah tua, fisik seseorang berbeda - beda, kolestrol dan sebagainya.kebetulan usia jamaah tertua 77 tahun usia jamaah termuda 22 tahun.
 
Kakan Kemenag Rohil Agustiar menambahkan berdasarkan evaluasi jamaah haji ini telah di berikan bekal ilmu manasik untuk mereka bawa nantinya baik pada saat di Madinah maupun dikota Makkah.
 
''Kalau untuk masalah administrasi kita saat ini sedang menunggu pelunasan ongkos naik haji,karena leguler itu dibatasi sampai tanggal 10 juni. Dari data yang masuk ke kita dari 181 jamaah baru 100 orang yang melunasi, dan untuk sekarang ini udah dapat melaksanakan pelunasan segera,'' kata dia.
 
Agustiar berharap jamaah haji kita berada di kloter  1 dan gelombang 1. Untuk paspor 181 sudah  selesai. sementara untuk daftar tunggu sampai saat ini mencapai tahun 2.029 untuk kabupaten Rohil.
 
Asisten III Ali Aspar berharap kepada jamaah haji agar tetap menjaga kesehatan sampai nantinya waktu berangkat ke tanah suci" tutupnya.
 
Kegiatan manasik ini sendiri diikuti sebanyak 189 orang jamaah yang berasal dari beberapa kecamatan. Yakni Bangko 23 orang, Rimba Melintang 10 orang, Bangko Pusako 15 orang, Tanah Putih 37 orang, Pujud 11 orang, Bagan Sinembah 63 orang, Kubu 8 orang, Pasirlimau Kapas 7, Simpang Kanan 13 dan Batu Hampar serta Pekaitan masing-masing 1 orang.(R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index