Ribuan Warga Penuhi Ritual Balimau Potang Mogang di Langgam, Termasuk Gubernur Riau

Ribuan Warga Penuhi Ritual Balimau Potang Mogang di Langgam, Termasuk Gubernur Riau
Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman dan bupati Pelalawan, HM Harris, Wakil bupati Zardewan dan sejumlah tokoh Pelalawan saat Mandi balimau Potang Mogang di Langgam.

LANGGAM (RIAUSKY.COM)- Masyarakat Adat Kecamatan Langgam, Kamis, 2 Juni 2016 melaksanakan ritual adat Balimau Kasai Potang Mogang di pinggir Sungai Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan.

Ribuan warga tumpah ruah memenuhi pinggiran sungai tempat dilaksanakannya serangkaian kegiatan yang memang rutin dilaksanakan setiap hendak memasuki bulan suci Ramadhan.

Tak terkecuali tahun ini, selain masyarakat, tampak juga hadir Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman, Bupati Pelalawan, HM Harris, Wakil Bupati Pelalawan Zardewan, perwakilan Kementerian Pariwisata dan Kementrian LHK, Tengku besar Sultan Pelalawan, H Asyaidi Syarief Kamaruddin Haroen, Sekda Kabupaten Pelalawan Tengku Mukhlis, Forkompinda Pelalawan serta tokoh adat, ninik mamak Kecamatan Langgam.

Dalam acara yang dilaksanakan semenjak pagi hari tersebut, sejumlah ritual dan pertunjukan budaya pun dipertontonkan kepada masyarakat setempat. Dimulai dengan gelaran Tabligh akbar,Seminar adat, ziarah kubur, pertunjukan dan pentas seni, perlombaan gasing dan diikuti puncak acara berupa  kegiatan Mandi Balimau Kasai Potang Mogang serta  pawai pompong hias yang diikuti tak kurang dari 30 pompong dari berbagai instansi dan instrumen masyarakat.

Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman pun menyebutkan, Upacara Ritual Adat Mandi Balimau Kasai Potang Mogang yang tahun ini memilih tema 'Memperkuat Kelembagaan Melayu dan Jati Diri Pemangku Adat' tersebut adalah salah satu dari perwujudan dari visi kebudayaan masyarakat Riau yang saat ini dikenal dengan Tagline 'The Homeland of Malay'.

Iven ini, disebutkan Gubernur Hendaknya tidak hanya menjadi agenda tahunan yang dimeriahkan oleh masyarakat, namun juga bisa lebih meningkatkan antusiasme masyarakat dari luar, termasuk pendatang untuk bisa melihat lebih dekat tentang kebudayaan melayu yang ada di Pelalawan.

Melengkapi Gubernur Riau, HM Harris pun menyebutkan kalau pelaksanaan Balimau Kasai Potang Mogang ini tentunya bukan hanya sebatas rutinitas adat yang dilaksanakan setiap hendak memasuki bulan suci Ramadhan.

Lebih jauh, kegiatan ini juga menjadi salah satu bagian dari upaya untuk menjaga keutuhan, penghormatan terhadap nilai-nilai adat, tokoh adat yang selama ini nyaris dilupakan.

Dengan gelaran ini, Harris berharap akan terbangun sebuah masyarakat yang maju namun tetap menghormati apa yang ada di tengah masyarakatnya. Apalagi dalam kerangka berpikir kemelayuan, dimana masyarakat dibangun dengan sendi-sendi keagamaan.

Bersempena acara Potang Mogang Balimau Kasai ini, Bupati Pelalawan, HM Harris pun tak lupa menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh masyarakat, suci hati dan perbuatan memasuki bulan suci Ramadhan.

''Semoga pada Ramadhan ke depan ini, kita bisa lebih baik lagi, dalam amalan dan ibadah,'' ajak Bupati.(R11)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index