Bupati Syamsuar Ajak Masyarakat Siak Gemar Membaca

Bupati Syamsuar Ajak Masyarakat Siak Gemar Membaca
SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Dalam rangka untuk mencerdaskan masyarakat Siak, Syamsuar buka Jambore Perpustakaan yang ke 4 di halaman kantor Perpustakaan dan Arsip kabupaten Siak, kamis (2/6/2016). 
 
Turut hadir Plt. Kepala Perpustakaan Nasional Dedi Junaidi, Kepala Perpustakaan Provinsi, Kepala Perpustakaan Kota Pekanbaru serta narasumber Seorang Penulis terkenal Darwis Tere Liye dan Pendongeng yang khas dengan gaya mendongeng yang islami Daiah Lulu Susanti.
 
“Ada banyak cara untuk mencerdaskan bangsa salah satunya adalah dengan cara mendatangkan minat baca untuk seluruh masyrakat tanpa terkecuali,” ujar Syamsuar.
 
Kita ketahui bersama, bahwa bangsa kita mulai tahun 2016 sudah masuk ke dalam masyarakat ekonomi asean dimana tenaga kerja dari luar negeri bebas untuk mencari pekerjaan di Negara kita. Ini semua tentu menjadi tantangan tersendiri bagi masyrakat Indonesia dan bagi masyarakat Kabupaten Khususnya.
 
“Semua itu dilakukan agar masyarakat kita tanpa terkecuali bisa mempunyai wawasan yang luas meskipun mereka tinggal di kampung,” kata orang nomor satu di Siak tersebut.
 
Seperti yang kita ketahui bahwa minat untuk membaca buku di kalangan Masyarakat di perkampungan sangat rendah, oleh karena itu melalui Jambore ini di harapkan minat baca bagi masyarakat yang tinggal di Perkampungan semakin meningkat. Karena membaca merupakan salah satu cara untuk menambahkan wawasan masyarakat, jelas Bupati.
 
Dilain pihak Plt Kepala Perpustakaan Nasional Dedi Junaidi menyebutkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih rendah, itu semua di tandai dengan Negara kita mendapat urutan 60 dari 61 Negara dengan jumlah masyarakat yang gemar membaca. Itu semua di dapat berdasarkan hasil penelitian dari 61 Negara dengan jumlah masyarakat yang gemar membaca.
 
Untuk menumbuhkan minat baca bagi masyarakat, kita juga harus menyediakan fasilitas yang memadai untuk menyokong minat masyarakat tersebut. Salah satunya adalah ketersediaan perpustakaan yang layak.
 
“Peran perpustakaan sebagai suatu lembaga yang menyediakan dan menyajikan informasi menjadi sangat penting, dimana informasi sudah menjadi kebutuhan primer bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali” Ucap Dedi.
 
"Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Ibu Hera, karena Kantor Perspustakaan dan Arsip Kabupaten Siak telah mendapatkan Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional. Menurutnya, Kantor yang dikepalai Ibu Hera ini telah memenuhi kriteria.
 
Sementara itu Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Hera Yulwita mengatakan untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Siak melalui kantor perpustakaan, arsip dan dokumentasi menyelenggarakan kegiatan Jambore Perpustakaan untuk Kampung-kampung. Acara yang diikuti oleh 1000 peserta dari 14 kecamatan yang terdiri dari anak-anak tingkat SD sebanyak 326 Orang, remaja tingkat SMP dan SMA sebanyak 410 orang.
 
“Peran perpustakaan sebagai suatu lembaga yang menyediakan dan menyajikan informasi menjadi sangat penting, dimana informasi sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat,” ucapnya.
 
Perpustakaan baru dapat dirasakan keberadaannya apabila setiap informasi yang dibutuhkan masyarakat dapat dipenuhi dengan cepat dan tepat.
 
Selain itu tujuannya untuk menumbuh kembangkan minat dan budaya baca masyarakat, menciptakan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya perpustakaan sebagai gudang dari segala ilmu dan meningkatkan profesionalisme dan kreatifitas bagi Petugas Perpustakaan Kampung.
 
“Selain itu dalam Jambore Perpustakaan kita juga menyorot anggota perpustakaan dalam hal ini ibu-ibu muda usia produktif kita pacu keterampilan mereka, dengan tujuan memacu minat membaca melalui keterampilan. Dimana mereka kita minta untuk menampilkan keterampilannya, dengan catatan tidak praktek, tetapi menceritakan keterampilan itu seperti mendongeng, sehingga masyarakat tertarik dengan keterampilan mereka dan secara tidak langsung memacu perekonomian,” pungkasnya. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index