Panen dan Serahkan Traktor di Belantik, Ini Motivasi Syamsuar Pada Warga yang Ingin Bertani

Panen dan Serahkan Traktor di Belantik, Ini Motivasi Syamsuar Pada Warga yang Ingin Bertani
bupati Siak bersama warga saat melakukan panen semangka di Belantik.
SIAK (RIAUSKY.COM)- Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi melakukan panen buah semangka di  Dusun Belantik, Kecamatan Siak, Ahad, 5 juni 2016. Bersamaan dengan itu, bupati pun menyerahkan bantuan satu unit traktor kepada petani setempat sebagai motivasi. 
 
Bupati Siak, Syamsuar hadiri didampingi Camat Siak, Wan Syaiful sembari meresmikan pencanangan Gerakan Masyarakat Bersih, Hijau, Indan dan Asri (Gemar Berhias) yang dikelola langsung oleh masyarakat dan petani setempat sebagai atensi atas upaya pembangunan sektor pertanian.
 
Bupati Syamsuar, disela-sela panen semangka yang dilakukan mengaku senang dan bangga dengan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang tersedia untuk bercocok tanam pertanian. Menurut dia, banyak lahan yang bisa digunakan dan dia pun siap untuk mendukung upaya tersebut. 
 
''Ini semangatnya kan dari masyarakat, kita dukung. Kalau perlu, kita siapkan lagi lahannya, sehingga bisa lebih luas lagi dan berkembang,'' kata dia.
 
Disebutkan Syamsuar, dia sangat mendukung upaya pengembangan sektor pertanian di wilayah kecamatan di Siak. Dia mempersilahkan bila masyarakat ingin bercocok tanam, salah satunya adalah untuk jenis buah-buahan. ''Jenis apa saja sepanjang dikelola dengan baik dan benar, kita siap membantu. Kita akan dukung juga dengan peralatan, sehingga nantinya, pekerjaan petani lebih mudah,'' ajak Syamsuar menyemangati. 
 
Diharapkan Syamsuar, dengan potensi pertanian yang ada, hal tersebut juga bisa menarik banyak orang untuk berkunjung ke Siak. ''Ini bisa juga dimanfaatkan untuk mendukung pariwisata ke Siak. Jadi kalau bisa jenisnya lebih banyak, jadi banyak pilihan orang bisa berkunjung ke Siak nantinya,'' ajak Syamsuar.
 
Sementara itu, Camat siak Wan Syaiful Meyampaikan pencanangan Gemar Berhias (Gerakan masyarakat bersih hijau indah dan asri) ini merupakan permintaan dari masyarakat  Kecamatan Siak yang ingin membentuk kelompok tani seperti di kecamatan-kecamatan lain yang yang ingin bercocok tanam.
 
Adapun lahan panen semangka yang dipanen hari ini, sebut dia, lebih kurang dua hektar dan ini merupakan panen yang ke dua  sejak ditanam awal tahun yang lalu.
 
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Koltikultura mengingatkan kepada masyarakat kalu bisa kelompok tani inijangan hanya cocok tanam semangka kalu bisa diareal ini juga ditanami buah buahan yang lain apa lagi pekerjaan nya juga lebih gampang dengan adanya bantuan hand traktor untuk pembibitan nanti bisa kita bantu tutupnya.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index