Pemkot Dumai Kesulitan Kendalikan Harga Daging Sapi, Ini Sebabnya...

Pemkot Dumai Kesulitan Kendalikan Harga Daging Sapi, Ini Sebabnya...
DUMAI (RIAUSKY.COM) - Wali Kota Dumai Zulkifli AS menilai kenaikan harga daging sapi di pasaran terkendala sulit mengendalikan harga karena dipengaruhi harga nasional sehingga fluktuatif di Kota Dumai.
 
"Kenaikan harga bahan pokok dianggap masih stabil, namun untuk daging terjadi kenaikan karena terpengaruh harga nasional, dan kita tidak bisa mengendalikan," kata Zul AS.
 
Harga daging sapi pada hari pertama Ramadhan Senin kemarin langsung meroket jadi Rp130 ribu per kilogram dari sebelumnya berkisar Rp120 ribu perkilo. 
 
Disamping itu, Wali Kota Dumai Zulkifli AS menilai kenaikan harga komoditi pangan di pasaran dianggap masih stabil dan tidak terlalu signifikan karena naik tidak melampaui 20 persen.
 
Untuk pengendalian, selain dengan meningkatkan pengawasan distributor dan gudang penimbunan serta koordinasi, juga dilaksanakan operasi pasar murah di tengah masyarakat untuk menstabilkan harga.
 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Dumai Zulkarnaen mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim untuk mengawasi gudang distributor bahan pokok dalam rangka mengantisipasi adanya penimbunan.
 
"Kami sudah melakukan pengawasan terhadap distributor yang menyalurkan bahan pokok agar tidak terjadi penimbunan. Saat ini harga dipasaran di Dumai masih stabil serta masih terjangkau oleh masyarakat," katanya.
 
Dikatakan, pemantauan ketersediaan bahan pokok juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Balai POM dan Dewan Ketahanan Pangan dan Satuan Polisi Pamong Praja. 
 
"Seluruh tim terpadu ini akan berupaya agar tidak terjadi penimbunan, dan kepada distributor diimbau untuk tidak mengambil keuntungan dengan cara melakukan penimbunan, sebab bisa memicu kelangkaan dan harga menjadi tinggi," tegasnya.
 
Dia juga mengakui kesulitan melakukan pengendalian harga daging di Kota Dumai karena kebutuhan daging sapi masih bergantung dari luar daerah dan luar negeri, ditambah tingginya permintaan masyarakat pada bulan Ramadan. 
 
"Permintaan meningkat, sementara stok daging sapi terbatas. Oleh sebab itu harga daging sapi mengalami kenaikan," ungkap dia. (R02/MCR)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index