Atasi Banjir di Pekanbaru, Ini Solusi Dinas Ciptada Riau

Atasi Banjir di Pekanbaru, Ini Solusi Dinas Ciptada Riau
Dwi Agus
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Permasalahan banjir di Provinsi Riau kerap menarik perhatian karena sifatnya musiman. Tidak hanya di Ibukota Provinsi, kondisi peningkatan intensitas air  dalam jumlah yang cukup besar juga menyerang beberapa kabupaten/kota di tanah Melayu Riau.  
 
Untuk menjawab hal tersebut,Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Sumber Daya Air (Ciptada) Provinsi Riau salah satu pihak yang harus mencarikan solusi untuk kondisi tersebut.
 
Untuk penanganan secara berkelanjutan, sudah mulai dirancang beberapa solusi. Sepeerti akan membangun dan memperbesar Daerah Aliran Sungai (DAS) di Jalan Soekarno-Hatta, Pekanbaru dan beebrapa titik lainnya.   
 
Hal itu diutarakan Kepala Dinas Ciptada Provinsi Riau, Dwi Sumarno, akhir pekan lalu. Menurutnya, untuk mengatasi persoalan banjir di Pekanbaru perlu dicari akar masalahnya, dan sumber penyebabnya. 
 
“Ini lah tujuan mengapa DAS itu wajib dijaga. Jika tidak ini akibatnya banjir di mana-mana, seperti di lingkungan warga Kecamatan Marpoyan Damai,” katanya.    
 
Dwi juga menerangkan, banjir ini bukan lagi permasalahan baru di Pekanbaru, tapi telah berulangkali setiap tahun. Dimana fenomena banjir ini berbeda dengan banjir musiman yang terjadi di luar kota yang berada rendah dan aliran sungai. 
 
Dwi mengakui pihak Pemerintah Kota Pekanbaru telah melakukan beberapa langkah.    
 
Dalam hal ini Pemerintah Provinsi Riau berperan memberikan suport sesuaid engan tupoksi yang dimiliki. Solusi untuk banjir kedepan pihak Ciptada Riau akan memperbesar dan membangun aliran sungai yang aliranya menuju sungai air hitam di Jalan Soekarno Hatta.    
 
Aliran sungai itu dibuat mulai dari Jalan Bakti sampai ke persiampangan SKA, dan dari SKA terus nyambung sampai ke Jalan Riau. Sedangkan untuk cabang-cabang anak sungainya akan dilakukan pengerukan agar air mengalir dengan lancar sampai menuju Sungai Air Hitam. (R02/MC)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index