Amankan Jalur Mudik, Dirlantas Polda Riau Siapkan 960 Personil

Amankan Jalur Mudik, Dirlantas Polda Riau Siapkan 960 Personil
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau, Kombes Guritno Wibowo Sik, mengungkapkan, pihaknya siap mengawal dan mengamankan jalur mudik Idul Fitri 1437 secara serentak dalam operasi Ramadania (dulu operasi ketupat).
 
“Kita sudah siapkan anggota Polisi Lantas ada sekitar 960 personil. Jumlah itu belum termasuk anggota di daerah kabupaten serta kesatuan lainnya,” kata Kombes Guritno, saat dikonfirmasi, Jumat, 17 Juni 2016.
 
Guritno memperkirakan, bila dirinci seluruh Riau, ada sekitar ribuan personil polisi yang ikut mengamankan arus mudik bagi pengendara yang mau pulang ke kampung halamannya. “Saya optimis aktivitas mudik berjalan dengan tertib dan aman,” ungkapnya.
 
Keyakinan Guritno bukan tanpa sebab, perwira jebolan akademi kepolisian tahun 1992 ini telah melakukan pemeriksaan sarana prasarana dan alat komunikasi (Sarpras Alkom) seperti kendaraan bermotor, senjata api serta amunisinya, dan alat komunikasi di Riau Safety Driving Center (RSDC) Polda Riau, Kota Pekanbaru. 
 
Kelengkapan kedinasan polisi dalam mengamankan operasi Ramadania, yakni mobil sedan 15 unit, double cabin 5 unit, harley 2 unit, goldwin 4 unit , yahama 900 ada 5 unit, KLX 9 unit, senjata laras panjang v2 dan v5 10 buah, baju rompi 9 buah, dan HT 50 buah.
 
“Pemakaian senjata api yang diperiksa tidak hanya sebatas laras pendek melainkan laras panjang serta amunisinya,” ujarnya lagi.
 
Kombes Guritno dan para perwira juga melakukan pengecekan senpi yang dimiliki oleh personil Ditlantas Polda Riau. Guritno menyampaikan bahwa gelar kesiapan ini bertujuan untuk memeriksa kelengkapan sarpras yang dimiliki dalam mendukung kesiapan pelaksanaan ops Ramadania.
 
"Apabila ada kekurangan atau kerusakan dapat segera kita lakukan perbaikan segera dengan harapan saat di hari H-nya benar benar siap, " tegas Guritno.
 
Selain itu, Guritno mengaku telah melakukan survey jalan yang dilaksanakan bersama forkominda provinsi dan kabupaten kota secara sinergis dengan instansi terkait yang membidangi masing masing stakeholder. 
 
“Kondisi jalur mudik baik antar kota maupun menuju provinsi tetangga di Riau dalam kondisi baik. Hanya saja, perlu tambahan rambu lalu lintas pada sejumlah ruas jalan serta mempermudah akses informasi ke pengendara,” pungkasnya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index