H-13 Lebaran, Aktivitas Terminal Masih Sepi

H-13 Lebaran, Aktivitas Terminal Masih Sepi
Ilustrasi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Hingga H - 13 menjeang Hari Raya Idul Fitri, aktivitas di  Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru masih sepi, pada Rabu 22 Juni 2016.
 
Kepala Terminal BRPS Pekanbaru, Bambang Armanto membenarkan aktivitas di tempatnya belum ada lonjakan Penumpang. Untuk arus mudik sampai saat ini masih normal seperti biasa, sebutnya. 
 
Kata Bambang setidaknya ada beberapa faktor penyebab aktivitas di Terminal BRPS sepi. Pertama saat ini berpengaruh musim jadwal pendaftaran sekolah. Sehingga orangtua memilih untuk tidak terlalu membelanjakan uang yang ada dengan bepergian sebab mesti memprioritaskan kebutuhan anak masuk sekolah.
 
Tidak hanya itu, mulai banyaknya keluarga yang memiliki kendaraan sendiri juga menyebabkan Angka penumpang di terminal turun. "Kemudian angkutan pribadi cukup banyak. Yang membuat penumpang Menggunakan transportasi umum berkurang," sebutnya.
 
Lalu  harga tiket pesawat yang relatif masih murah, menyebabkan ada migrasi penumpang dari yang sebelumnya memakai angkutan darat sudah memilih udara untuk jadi alternatif pilihan mudik. Seperti rute Pekanbaru ke Medan yang harga tiket bus dan pesawat selisihnya sekitar Rp 100 ribu. 
 
"Tetapi kalau pakai pesawat ke Medan tidak perlu lama tidak sampai satu jam. Kalau pakai bus bisa delapan jam. Makanya tidak dipungkiri ada yang beralih naik pesawat," ujarnya.
 
Meski demikian berkaca pada tahun sebelumnya, lonjakan penumpang akan terasa sepekan jelang lebaran. "Jadi kalau kita prediksi H-5 kemungkinan ada lonjakan," katanya.
 
Selain itu saat ini pihaknya tengah memfokuskan sosialisasi dan penertiban agar setiap Bus AKAP, AKDP, AJAP, AJDP wajib masuk terminal. Sebab masih banyak Perusahaan Oto (PO) membandel yang armadanya tidak masuk ke terminal. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index