Masih Bergantung Daerah Lain, Distanak Dorong Petani Lokal Kembangkan Komoditi ini

Masih Bergantung Daerah Lain, Distanak Dorong Petani Lokal Kembangkan Komoditi ini
Ketersediaan sayuran dan sembako di Kota Pekanbaru tergantung suplai dari daerah lain.
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Berbagai kebutuhan pangan penduduk Kota Pekanbaru  saat ini masih tergantung dari daerah Sumatera Utara (Sumut) dan Sumatera Barat (Sumbar).Bila terjadi keterlambatan pasokan dari dua daerah tersebut harga pangan seperti cabai, bawang merah, dan jenis sayuran lainnya mengalami peningkatan harga.
 
Demikian dikatakan Kepala Distanak kota Pekanbaru, El Syabrina, Ahad, 26 Juni 016. Ia juga menjelaskan di tahun 2015 Disnak membantu bibit bagi petani guna mendorong para petaninya agar menanam cabai merah dan bawang merah dengan luasan tanaman bawang merah 22hektare dan cabe merah 18 hektare.
 
“Kami ingin pekanbaru bisa lebih mandiri dalam segi pertanian. Dan dana dari APBN melalui Kementerian Pertanian tahun 2015 lalu,” ungkap El Syabrina.
 
Dia menilai upaya mendorong pertanian cabai merah dan bawang merah untuk menambah ketersediaan kedua komoditas ini di pasaran lokal. “Karena selama ini cabai dan bawang merah yang beredar di pasar tradisional Pekanbaru itu berasal dari luar provinsi Riau seperti Jawa, Sumbar dan Medan. Kedua kebutuhan pokok permintaannya tinggi di Pekanbaru,” sebut El Syabrina.
 
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Riau kedua komoditi ini sering menjadi pemicu inflasi saat pasokannya mulai terganggu. “Makanya dengan adanya upaya pengembangan lahan cabai dan bawang di Pekanbaru, setidaknya diharapkan bisa jadi bufer stok saat pasokan terganggu,” uupnya.(R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index