Puasa, Satgas Karlahut Tetap Semangat Padamkan 57 Hektar Lahan Terbakar di Riau

Puasa, Satgas Karlahut Tetap Semangat Padamkan 57 Hektar Lahan  Terbakar di Riau
Upaya pemadaman kobaran api di atas lahan yang terbakar dengan metoda water bombing.
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Satuan Tugas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karlahut) Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru bersama Satgas Darat melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan di sejumlah kabupaten di Riau. Sejak 7 Juni hingga saat ini, sudah 57 hektar yang terbakar sudah berhasil dipadamkan.
 
Menurut Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma Henri Alfiandi, Satgas udara selama bulan ramadan ini telah melaksanakan water Bombing 57 hektare. Rinciannya, 7 Juni di area Sam sam kabupaten Siak, perkiraan 5 hektar. 
 
Sedangkan tanggal 9 sampai 16 Juni di kecamatan Teluk Meranti kabupaten Pelalawan sekitar 30 hektare, ‎26 Juni di kecamatan Bangko kabupaten Rokan Hilir seluas 20 hektare milik PT Sawita Raya,” ujar Marsma Henri, kepada wartawan, Senin, 27 Juni 2016
 
‎Sedangkan hari ini, Satgas Udara masih berjibaku untuk memadamkan lahan sekitar 2 hektare milik warga bernama Lukman di kecamatan Bangko kabupaten Rokan Hilir. 
 
“Info dari Kalaksa Rohil, lahan yang terbakar di kecamatan Bangko adalah milik masyarakat atas nama Lukman. Terbakar sekitar 2 hektar lebih, sekarang dalam proses penyelidikan Polsek Bangko‎” kata Jenderal Bintang Satu ini.
 
Dikatakan Henri, meski mengeluarkan keringat yang tidak sedikit dan berjuang melawan hawa nafsu dalam memadamkan api di lokasi, anak buahnya bersama Satgas Darat dan Polisi tetap berpuasa. “Insya Allah masih berpuasa, mudah-mudahan api segera dipadamkan,” tegas Henri.
 
Untuk pemadaman melalui udara, Henri mengerahkan  Helikopter Water Bombing (WB) terdiri dari 2 pilot dan 1 flight engineer, ada 2 heli WB tipe MI-8 dan MI-171 dengan total 6 kru.‎ 
 
“Kita juga kerahkan Air tractor, 1 pilot, ada 2 air tractor jadi total 2 kru. Sedangkan Ground crew atau supporting crew kira-kira  total 21 orang,” pungkas Henri.
 
Sementara itu, melalui darat petugas juga membantu Satgas Udara dalam upaya pemadaman di lahan yang terbakar di Rokan Hilir hari ini juga ikut berjibaku melawan api.
 
‎“Sekarang lagi pemadaman, Satgas kita masih di lapangan. Mohon doanya agar api segera padam. Sedangkan pelaku pembakaran masih kita selidiki,” ujar Kapolres Rokan Hilir AKBP Hendri Posma Lubis Sik.(R04)

Listrik Indonesia

#Karhutla

Index

Berita Lainnya

Index