Wabup H Said Hasyim Didampingi Ketua Baznas Meranti, H Tengku Akhrial Menyerahkan Uang zakat

Wabup H Said Hasyim Didampingi Ketua Baznas Meranti, H Tengku Akhrial Menyerahkan Uang zakat
Ilustrasi
 
SELATPANJANG (RIAUSKY.COM)– Guna membantu masyarakat yang tidak mampu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Tebingtinggi Barat yang berada di bawah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Meranti melakukan Acara pembagian zakat tersebut di Masjid Ar Rahman Desa Alai, Jum'at 1 Juli 2016.
 
 
Turut hadir acara tersebut, Ketua Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti H Tengku Akhrial, Sekjend Baznas Khozin, Kabag Kesra Rosdaner, Kabid Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Mahadi, Ketua UPZ Kecamatan Tebing Tiinggi Barat, Zamzuri dan ratusan penerima zakat konsumtif yang hadir tersebut.
 
H Said Hasyim mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti mengucapkan selamat kepada pengurus Baznas Kabupaten Meranti melalui UPZ Baznas Kecamatan Tebing Tinggi Barat sehingga acara ini sangat dinantikan oleh masyarakat yang menerima zakat tersebut.
 
“Oleh karena itu, dengan adanya zakat konsumtif ini sangat terbantu untuk fakir miskin atau mustahiq sekaligus kita ingin mendorong masyarakat yang mampu untuk bisa membayar zakat, baik itu zakat fitrah maupun zakat mal sehingga setiap tahunnya masyarakat yang betul – betul tidak mampu bisa sama kita mersakan kesenangan dan kemeriahan menyambut hari raya idul fitri ini,” ungkap Said.
 
Kendati demikian, Mantan Asisten di bidang hukum dan pemerintahan Provinsi Riau ini menjelaskan, penyerahan dan pembagikan zakat konsumtif sebanyak 256 mustahiq atau penerima zakat. Jumlah tersebut merupakan akumulasi orang yang berhak menerima dari 14 desa se kecamatan tersebut.
 
“Oleh karena itu, Dia mengakui jumlah zakat yang diterima oleh mereka tidaklah besar namun dirasakan cukup untuk membantu meringankan beban khususnya menjelang masuknya hari raya idul fitri 1437 H / 2016 M dan juga  H Said Hasyim mengakui penurunan jumlah zakat yang dikumpulkan oleh UPZ dipengaruhi oleh perekonomian daerah yang sedang krisis dan sangat tidak stabil. Sehingga efeknya semuanya terpengaruh dengan terjadinya seperti ini,” jelas Wabup dengan singkat.
 
Sementara itu, Ketua UPZ Baznas Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Zamzuri mengatakan, tahun ini merupakan tahun keempat pihaknya membagikan zakat konsumtif bagi warga kurang mampu di kecamatan itu sejak dari tahun 2012. Dia berharap jumlah muzaki atau pemberi zakat bisa terus meningkat dan tidak hanya berasal dari kalangan PNS saja tapi juga masyarakat lainnya secara luas wajib membayar zakat fitrah dan zakat mal.
 
"Tahun ini zakat konsumtif yang kita kumpulkan sebesar Rp 60 juta untuk 265 mustahiq. Jumlah itu menurun sekitar 15 persen dibandingkan tahun lalu. Sehingga apa yang masyarakat kurang mampu dapat terbantu dan di atasi masalah tersebut," ujarnya.
 
Kepsek SMK Negeri I Tebing Tinggi ini juga mengajak, mari kita kompak, bersatu padu, konsisten dan kita doakan para pemberi zakat agar makin dipermudah rezeki mereka. Begitu juga dengan para penerima, diharapkan bisa terus berkurang setiap tahunnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat terasa sangat sulit sekali," harap Said Hasyim, usai menyerahkan secara simbolis zakat konsumtif tersebut.
 
"Belakangan ini ekonomi masyarakat memang terasa sulit, makanya jumlah zakat yang berhasil dikumpulkan juga berkurang. Kedepannya pemerintah Daerah akan fokus untuk terus mengupayakan peningkatan ekonomi masyarakat. Yang penting tolong doakan pemerintah Kabupaten maupun kecamatan ini, agar dapat menjalankan amanah dengan sebaiknya," jelasnya dengan singkat.(R16)

Listrik Indonesia

#Kepulauan Meranti

Index

Berita Lainnya

Index