Ibu dan Anak Mulai Masuk Ruang Evakuasi Pemko

Hmm...Disini Udaranya Segar, Terima Kasih Pak Wali...

Hmm...Disini Udaranya Segar, Terima Kasih Pak Wali...
Wali Kota Firdaus ST, MT dan Anggota DPD RI Abdul Gafar Usman dan Uli Sinta saat meninjau lokasi evakuasi.
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kondisi kualitas udara yang terus memburuk membuat Pemko Pekanbaru membuka ruangan evakuasi khusus untuk ibu hamil dan bayi serta ibu menyusui di Aula Kantor Walikota Pekanbaru sejak Kemarin. Setelah seluruh fasilitas pendukung disiapkan, hari ini, Rabu (30/9), beberapa ibu dan bayi sudah mulai masuk ke ruangan di lantai tiga gedung utara Kantor Walikota Pekanbaru tersebut.
 
Bahkan, beberapa diantaranya datang dari Kecamatan yang jauh dari pusat kota. Setiba di ruangan tertutup tersebut, beberapa ibu yang datang diantar tersebut mengaku senang dengan adanya kondisi tersebut. Pasalnya, udara yang mereka hirup di tempat tersebut lebih segar. Selain itu, fasilitas penunjang juga cukup memadai.
 
''Saya dapat kabar kemarin dari beberapa tetangga yang membaca di media. Dirumah saya kasian sama anak-anak saya yang masih kecil, bahkan ada yang bayi. Asap sudah masuk kerumah, ditambah kami tidak bisa menyediakan fasilitas agar asap tidak masuk kerumah karena kami ini orang miskin. Karena pak Wali Kota sudah menyediakan ruangan ini, sedikitnya dapat membantu kami menghirup udara segar,'' ujar salah seorang ibu yang datang dengan menggendong bayinya berusia beberapa bulan saat tiba di ruangan evakuasi.
 
Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus ST MT menyatakan, ruangan evakuasi tersebut sengaja dibangun untuk menampung seluruh masyarakat kurang mampu khususnya ibu dan anak. Pasalnya, kedua oran tersebut adalah mereka yang sangat rentan mendapatkan penyakit akibat asap ini. Bahkan dikatakan Wako, saat kunujungan ke RSUD Arifin Ahmad, disebutkan jika jumlah pasien akibat asap terus meningkat setiap harinya. Parahnya, mayoritasnya adalah ibu hamil dan anak-anak. Untuk diketahui, penyakit akibat asap ini bisa membuat ibu hamil berpotensi mengalami keguguran atau anak lahir tidak sempurna. Sementara anak-anak bisa mengakibatkan penyakit yang akut.
 
Selain itu, Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus ST MT mengingatkan agar masyarakat kurang mampu tidak perlu kawatir untuk dapat menikmati ruangan evakuasi tersebut. Pasalnya, cukup datang ke Puskesmas terdekat dan melaporkan diri untuk dapat dievakuasi, pemerintah Kita Pekanbaru akan menjemput dengan ambulan atau kendaraan lainnya agar dapat segera di bawa ke ruangan evakuasi di Kantoe Walikota Pekanbaru ini.
 
''Kita tidak setengah-setengah untuk hal tersebut. Cukup laporkan diri mereka ingin di evakuasi ke Puskesmas terdekat, kita akan jemput dan antar langsung ke ruangan evakuasi ini. Yang jelas, sebaik mungkin dan semaksimal mungkin kita akan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya ibu dan anak yang kurang mampu di Kota Pekanbaru ini,'' tegasnya.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index