Menteri Agama Tetapkan Idul Fitri Pada 6 Juli 2016, Ini Penjelasannya...

Selasa,05 Juli 2016 | 01:45:16 WIB
Menteri Agama Tetapkan Idul Fitri Pada 6 Juli 2016, Ini Penjelasannya...
Ket Foto : Ilustrasi
JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah jatuh sesuai hitungan awal yaitu Rabu, 6 Juli 2016.
 
Lukman menjelaskan keputusan itu diambil setelah mendengarkan pemaparan Ahli Astronomi Planetarium Jakarta, Cecep Nurwendaya, yang menyatakan bahwa posisi hilal berada di bawah ufuk atau -2 derajat sampai -0 derajat -49 detik.
 
"Posisi hilal dari barat hingga timur Nusantara ini berada di bawah ufuk," kata Lukman di Jakarta, Senin, 4 Juli 2016.
 
Dalam kesempatan tersebut Lukman juga membeberkan sejumlah alasan yang menjadi dasar pertimbangan mereka. Sebelumnya, Kemenag pun telah menerjunkan petugas di 90 titik pantau. Dan pada saat keputusan diambil, seluruh petugas yang ditunjukan dipastikan telah melaporkan hasil pantauan di seluruh wilayah masing-masing.
 
"Dan dari semua itu, tidak satupun hilal yang terlihat, sebagaimana lazimnya penetapan bulan Ramadan, maka diputuskan bahwa Ramadan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari," imbuh Lukman menjelaskan.
 
Merujuk keputusan itu, dapat dipastikan bahwa masyarakat Indonesia baru akan merayakan hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah besok lusa. Seluruh peserta sidang pun sepakat dengan yang disampaikan Menteri Lukman.
 
"Inilah yang disepakati bersama dari seluruh peserta sidang isbat dan seluruh ormas Islam yang hadir," tutup Lukman menegaskan.(R03/i)

Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com

 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita"Sosbud" Index »
IKLAN BARIS