Gencar Sosialisasi, Kapolsek Ujung Batu Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Gencar Sosialisasi, Kapolsek Ujung Batu Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan
PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Maraknya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan musim kemarau di sebagian wilayah Provinsi Riau khusunya Kabupaten Rokan Hulu, membuat kepolisian di wilayah Rokan Hulu mengambil kebijakan cepat dan tanggap.
 
Adapun upaya langkah-langkah pencegahan terhadap Karhutla yang dilakukan melakukan sosialisasi pemasangan spanduk yang berisi himbauan dan ajakan untuk kegiatan positif di tengah masyarakat.
 
“Ada 3 sifat himbauan yang dipasang untuk mengajak masyarakat,” kata Kapolsek Ujung Batu AKP K Ritonga SH Sik, kepada wartawan, Kamis, 14 Juli 2016.
 
Dijelaskannya, adapun 3 hgimbauan itu yakni, pertama mengajak masyarakat agar dapat mencegah dan menjaga terjadinya karhutla dengan mencoba menyentuh hati dari masyarakat yang memiliki lahan atau yang bertempat tinggal dekat dengan hutan atau lahan kosong.
 
“Hal itu sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya,” ujarnya.
 
Kedua yakni, himbauan yang bersifat peringatan yang bertujuan untuk memberitahu masyarakat bahwa dampak dari terjadinya karhutla itu dapat merugikan berbagai pihak dan masyarakat banyak tanpa memandang usia. Salah satunya seperti dampak yang disebabkannya adalah bencana asap yg dapat merusak kesehatan manusia.
 
“Dan yang merasakan dampak itu adalah anak-anak dan balita yang merusak perkembangan tumbuh kembang anak. Itu yang kita tekankan,” jelasnya.
 
Untuk himbauan ketiga, dia menegaskan adanya sanksi dan ancaman hukuman bagi pelaku sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. “Itu sebagai bentuk efek jera dan sebagai contoh bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan lainnya,” terangnya.
 
Selain daripada itu, dia juga mengajak dan menghimbau kepada seluruh komponen kehidupan bermasyarakat di wilayah Kecamatan Ujung Batu agar bersama-sama menjaga kelestarian hutan dan lingkungan kita dari kerusakan yang disebabkan oleh tangan-tangan jahil manusia.
 
“Mari kita saling mengingatkan satu sama lainnya demi kemaslahatan umat manusia dan mahluk hidup umumnya. Mudah-mudahan kita sebagai manusia dapat membawa rahmat bagi seluruh alam,” tutupnya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index