Begini Strategi Ketua PMI Pekanbaru Mengumpulkan Kantong Darah

Begini Strategi Ketua PMI Pekanbaru Mengumpulkan Kantong Darah
M Noer MBS
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Tingkat kebutuhan kantong darah di Kota Pekanbaru terbilang tinggi. Setidaknya setiap bulan Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru mesti mengumpulkan 3.000 kantong. Butuh strategi untuk memenuhinya.

"Setiap bulan kita mesti sediakan 3000 kantong. Walau kebutuhan tidak sampai segitu, kita mesti siapkan untuk jaga-jaga," kata Ketua PMI Pekanbaru HM Noer MBS, Ahad, 17 Juli 2016.

Dikatakan M Noer yang juga Sekda Pekanbaru, untuk mencapai ketersediaan kantong darah, PMI Pekanbaru rutin menggelar donor darah. Petugas dari PMI mendatangi tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, mengingat terkadang tidak semua orang yang dapat meluangkan waktunya rutin mendonor.

"Rutin kita bentuk tim untuk mengumpulkan kantong darah. Termasuk PNS dan non PNS, seperti ke komunitas dan mahasiswa di kampus-kampus," imbuhnya.

M Noer kembali mengatakan, ramainya masyarakat berobat di rumah sakit juga membuat tingkat kebutuhan kantong darah juga ikut tinggi. "Seperti kecelakaan, ada yang operasi, mau pun demam berdarah. Membuat ketersediaan kantong darah sangat dibutuhkan, terutama golongan darah yang langka Seperti AB," terangnya.

M Noer menyebut kesadaran masyarakat mendonorkan darahnya tinggi. "Tetap juga kita sosialisasikan donor darah itu sehat. Setiap mereka yang donor kita kasih tahu agar mengajak yang lain mendonor, karena memang sehat apalagi bagi yang rutin," katanya.

Tidak hanya itu saja, M Noer juga mengajak seluruh masyarakat ikut mendonorkan darah. Sebab dengan donor darah bisa menyelamatkan kehidupan orang lain. (R05)

 

Listrik Indonesia

#Pemko

Index

Berita Lainnya

Index