Bandara SSK II Lumpuh, Jamaah Haji Terancam Mendarat di BIM

Bandara SSK II Lumpuh, Jamaah Haji Terancam  Mendarat di BIM
PEKANBARU(RIAUSKY.COM)-Kabut asap yang menyelimuti Pekanbaru mengancam kepulangan jamaah haji asal Riau. Apalagi sudah enam hari terakhir Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru lumpuh akibat kabut asap kiriman dari Sumatera Selatan.
 
"Jika Bandara SSK II lumpuh, akan disediakan dua alternatif yaitu jalur laut melalui Pelabuhan Buton dan jalur udara melalui Bandara Minangkabau Padang," ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Riau Tarmizi Tohor, Kamis (1/10/2015).
 
Kedua alternatif tersebut  untuk enam kabupaten di Riau yang menggunakan jalur udara ketika hendak ke Riau, diantaranya Pekanbaru, Kampar, Kuansing, Rokan Hulu, Pelalawan dan Rokan Hilir. Sedangkan enam kabupaten lainnya seperti Kepulauan Meranti, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu Bengkalis, Siak dan Dumai melalui jalur laut.
 
" Untuk laut, Kami lebih menyarankan melalui jalur Buton, karena praktis. Namun kendalanya ya susahnya membawa barang bawaan," tuturnya.
 
Keputusan pemilihan jalur pun ditentukan oleh Pemerintah daerah terkaitpemulangan jamaah haji (domestik) yang dibiayai oleh Pemda. "Keputusan ditangan Pemda terkait, apalagi yang biaya perjalanan domestiknya dibiayai oleh Pemda," tambahnya.
 
Daerah yang dibiayai oleh Pemda adalah Pelalawan, Rokan Hilir, Meranti, Bengkalis, Dumai, Inhil sedangkan Kampar hanya sebagian.(RO3)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index