Peringati HLHS, Polsek Rengat Barat Bangun Sekat Kanal

Jumat,22 Juli 2016 | 19:46:46 WIB
Peringati HLHS, Polsek Rengat Barat Bangun Sekat Kanal
Ket Foto : sejumlah personel kepolisian sedang membuat sekat kanal.

RENGAT (RIAUSKY.COM)- Memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLHS) tahun 2016 dan untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Polsek Rengat Barat melakukan kampanye penyelamatan lingkungan hidup dengan membangun sekat kanal di kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Jumat, 22 Juli 2016.

 
Kampanye bertema "Mari Selamatkan Lingkungan Hidup Dari Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan," tersebut, langsung dipimpin oleh Kapolsek Rengat Barat Kompol Frengky Tambunan, bersama masyarakat di Dusun 5 RT 1 RW 2 Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, kabupaten Inhu.
 
Kapolsek Rengat Barat Kompol Frengky Tambunan mengatakan untuk menyelamatkan kelestarian lingkungan hidup, jajaran Polda Riau membuat program untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan membuat sekat kanal di seluruh Polres dan Polsek di Provinsi Riau.
 
“Sebanyak 30 unit sekat kanal dibangun di areal lahan perkebunan warga yang berada di lahan gambut. Pengalaman tahun lalu, bencana asap sangat berdampak pada kehidupan masyarakat. harus dilakukan pencegahan salah satunya dengan membangun sekat kanal ini di areal gambut yang termasuk titik rawan karlahut,” kata Franky.
 
Sementara itu, Kasat Bimas Polres Inhu AKP Fauzi yang ikut hadir mengatakan, hingga bulan Juli 2016, jajaran Polres Inhu sudah membangun sebanyak 101 unit sekat kanal.
 
“Polisi membuat kerjasama dengan masyarakat serta perusahaan dalam pencegahan dan penanganan Karlahut, termasuk di dalamnya membuat sekat kanal dan membentuk Forum Gotong Royong Masyarakat Melawan Karlahut,” ujar Fauzi.
 
Menurut Fauzi, sekat kanal ini menjadi solusi yang cukup efektif dalam melakukan pencegahan karlahut, karena dapat menjaga kelembaban tanah dan ketersediaan air, sehingga meski musim kemarau tanah khususnya di daerah gambut tetap lembab sehingga dapat mengantisipasi kebakaran. (R04)

FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS