Atasi Kelangkaan Elpiji, Disperindag Buat Pangkalan Gas Per Zonasi

Atasi Kelangkaan Elpiji, Disperindag Buat Pangkalan Gas Per Zonasi
Situasi di salah satu Pangkalan Elpiji.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Dari pengalaman yang sudah-sudah, masyarakat selalu kesulitan dalam mendapatkan gas elpiji. Kelangkaan ini, membuat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, melakukan wacana kedepan, salah satunya membuat pangkalan gas per zonasi.

 
“Nanti, satu pangkalan bisa melayani per RW, atau satu pangkalan melayani satu kelurahan. Kondisi ini sedang dibahas dengan akan berkoordinasi dengan Pertamina,” kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Ingot Hutasuhut, kepada wartawan, saat dikonfirmasi, Jumat, 22 Juli 2016.
 
Dia merasa yakin, dengan dilakukannya wacana tersebut, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Pekanbaru kedepan. Dan yang perlu dipertajam nanti adalah kebutuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
 
“Informasi yang kita terima pelaku usaha mikro yang omsetnya dibawah Rp700 ribu perhari itu boleh menggunakan gas subsidi. Informasinya agak kabur dan menjadi celah penyalahgunaan,” terang Ingot.
 
Pembahasan mengenai aturan per zonasi ini, akan dibahas oleh pihaknya paling lambat awal Agustus dan berkoordinasi bersama pertamina, “tentu ini akan kita lakukan bersama, bagaimana menyikapi hal ini, apakah nanti akan mengajukan kuota khusus untuk UMKM atau menunjuk agen khusus,” ujarnya.
 
Namun yang paling objektif menurut dia adalah penataan perizinan, dimana perizinan itu sudah mewakili zona dalam satu pangkalan itu menangani per RW.
 
“Ya misalkan satu pangkalan melayani dua RW, ini lebih jelas, karena gas ukuran 3 kilo ini merupakan gas subsidi. Artinya subsidi pemerintah ini harus dinikmati oleh rakyat yang memang sesuai aturan distribusinya,” pungkasnya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index