WAH...Begini Serunya Pacu Sampan Leper Kuala Getek Tembilahan Siang Tadi

WAH...Begini Serunya Pacu Sampan Leper Kuala Getek Tembilahan Siang Tadi
Suasana lompa sampan leper di Kuala Getek Tembilahan, Indragiri Hilir, Ahad, 24 Juli 2016. Foto: Tribun Pekanbaru.
TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM)– Ribuan masyarakat Indragiri Hilir (Inhil) tumpah ruah memadati jembatan getek untuk menyaksikan pembukaan event tahunan wisata pacu sampan leper yang di pusatkan di Kuala Getek, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau, Ahad, 24 Juli 2016.
 
Meskipun saat ini sudah di hubungkan dengan jembatan, namun masih ada masyarakat sekitar Sungai Getek yang menggunakan sampan ini sebagai alat transportasi.
 
Asisten II Setda Inhil Drs.Rudiansyah mengatakan, disamping sebagai sarana hiburan bagi masyarakat dan wisatawan, event yang setiap tahun dilaksanakan ini, juga untuk melestarikan budaya.
 
“Wisatawan akan melihat kondisi masyarakat Inhil pada zaman dahulu, dimana masyarakat menciptakan kendaraan air yang juga bisa bergerak diatas lumpur berupa sampan yang datar di bawahnya dan dinamakan sampan leper,” ungkap Mantan Kadisporabudpar Inhil ini.
 
Sementara itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau melalui Bidang Promosi, Okta Fulsiamitra berharap kekayaan lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Inhil yang harus dijaga dan dikembangkan kelestariannya.
 
Asisten II Setda Inhil, Drs. Rudiansyah membuka langsung event yang ditaja Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Inhil tersebut, mewakili Bupati Inhil HM.Wardan. Selain itu juga turut hadir Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau yang di wakili Kabid Promosi Pariwisata Okta Fulsiamitra, Unsur Forkopimda Inhil, beberapa Pejabat Esellon dan Camat Se-Kabupaten Inhil.
 
Digelarnya pacu sampan leper tiap tahunnya di Inhil, merupakan upaya untuk melestarikan tradisi dan budaya yang ada di Masyarakat Inhil, antara lain yaitu, mewujudkan Visi Misi Kabupaten Inhil 2013-2018 dimana sektor pariwisata menjadi sektor yang di kembangkan guna mencapai Visi Misi Inhil dan spirit baru menuju Kabupaten yang bermarwah dan bermartabat, menciptakan pertumbuhan ekonomi masyarakat Inhil serta mengangkat penciptaan inovasi sampan leper dimana masyarakat Inhil yang selalu berkembang tidak mudah menyerah menghadapi kondisi alam dan hambatan lainnya.(R10/tb)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index