Gelar Sosialisasi, Forikan Ajak Masyarakat Siak Gemar Makan Ikan

Gelar Sosialisasi, Forikan Ajak Masyarakat Siak Gemar Makan Ikan
Rasidah Aldefri
SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - "Mengkonsumsi ikan bisa membuat ibu-ibu awet muda," ujar ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Aldefri pada Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan pada kegiatan lomba masak ikan berbahan serba ikan dan sosialisasi gemar makan ikan di aula Gedung Wanita, Selasa 26 Juli 2016.
 
Gerakan makan ikan ini lanjut Rasida, merupakan Gerakan nasional yang berkelanjutan sampai ketingkat kampung. Bagi kecamatan yang belum menbentuk tingkat kampung.karena Forikan ketingkat kecamatan merupakan berpanjang tangan tingkat kampung.
 
"Bagi mana kualitas sumberdaya yang baik memiliki gizi yang baik dan darimana kita peroleh yakni dengan komaumsi ikan. Salah satu zat dari ikan terdapat protein hewani yang mudah dicerna oleh tubuh," katanya.
 
Dirinya juga mengajak masyarakat untuk mensosialisasikan gerakan makan ikan untuk mencerdaskan anak anak. "Untuk itu diharapkan Forikan tingkat kecamatan sampai kampung dapat mengsosialisasikan kepada keluarga dan tetangga untuk selalu makan ikan," pesannya. Dirinya berharap peserta pelatih untuk mengikuti pelatihan dengan sebaik baiknya.
 
Peserta terdiri dari 14 kecamatan se kabupaten Siak, masing-masing kecamatan mengutus 5 orang perwakilan.
 
Puncak acara dijadwalkan hari kamis mendatang di Balairung Datuk Empat Suku untuk kegiatan lomba masak berbahan serba ikan.
 
Panitia pelaksana Surya Makmur menyampaikan tujuan kegiatan ini menjadikan masyarakat sehat kuat dan cerdas gemar makan ikan. kegiatan ini diikuti seluruh kecamatan seKabupaten Siak.
 
Dilain pihak Kadis Peternakan, Perikanan dan kelautan Siak Susilawati, mengatakan Forikan Siak di usulkan mendapatkan penghargaan di tingkat nasional. Usulan tersebut meliputi berapa aspek dengan telah membentuk forikan sampai tingkat kampung.
 
Dirinya berharap masyarakat memiliki kesadaran untuk makan ikan, karena kebutuhan ikan di kabupaten siak mencukupi di konsumsi. "Apa yang disampaikan narasumber nantinya  dapat memberikan pencerahan bagi peserta pelatihan, " harapnya.
 
Sementara itu Lailiyana Narasumber asal Pekanbaru ini menyampaikan kepada peserta tentang manfaat mengkonsumsi ikan. Karena ikan mengandung protein yang sangat baik dan penting untuk kesehatan tubuh.
 
Kandungan lemak pada ikan adalah lemak yang mudah dicerna serta langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh. Zat gizi lainnya yang terkandung dalam ikan adalah vitamin dan mineral, sebut Dosen Poltekes Kemenkes Riau ini. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index