Jadi Mitra Binaan CD RAPP, Usman: Jangan Hanya Jadi Penonton

Jadi Mitra Binaan CD RAPP, Usman: Jangan Hanya Jadi Penonton
Usman dan Anak : Usman dan anaknya Mustafa Bakri berfoto bersama sapi peliharaan mereka. Sejak tahun 2001, Usmantelah menjadi mitra bina program CD RAPP yang tergabung dalam Kelompok Tani Semangat Karya Tani
SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Jangan hanya menjadi penonton. Peluang usaha sebenarnya sangat banyak apabila ada kemauan dan usaha. Apabila butuh bantuan, bantuan pasti akan berdatangan, baik dari pemerintah maupun perusahaan. 
 
Hal tersebut diungkapkan Usman (44), yang merupakan mitra bina program Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). 
 
“Kebanyakan masyarakat hanya menjadi penonton, tidak mau ataupun enggan terlibat didalamnya. Siapa yang berusaha, maka dialah yang menuai hasil,” kata bapak tiga anak ini.
 
Sejak tahun 2001, pria dari Desa Olak, Sungai Mandau, Kabupaten Siak ini telah bergabung dengan kelompok tani Semangat karya Tani yang dibina RAPP.
 
“Kelompok tani kami selalu dibantu oleh RAPP. seperti bibit tanaman, pupuk, bakalan sapi, dan alat-alat pertanian lainnya. Tidak hanya itu, perusahaan juga membantu kelompok kami dengan memberikan material pembuatan kandang sapi kelompok. Tidak terhitung lagi nilai bantuan yang diberikan” ungkap Usman dengan raut wajah penuh haru.
 
Diakui Usman banyak hal positif dan bermanfaat sejak perusahaan pulp dan kertas ini beroperasi di desanya. Mulai dari bantuan dalam bidang pertanian, hingga pembangunan rumah ibadah, sekolah, serta fasilitas-fasilitas umum lainnya.
 
Sementara itu, ada satu hal yang membuat Usman sangat bahagia bercampur haru adalah ketika anak sulungnya “Mustafa Bakri” diberi kesempatan kuliah di Intitut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta oleh RAPP. Bagaimana tidak, semua biaya kuliah anaknya ditanggung oleh perusahaan, mulai dari biaya perkuliahan hingga uang saku.
 
Diceritakan Usman, sejak SMA, anak sulungnya yang saat ini duduk di semester tiga jurusan Kehutanan Instiper ini telah memiliki tekad untuk mendapatkan beasiswa dari RAPP.
 
“Saya berterima kasih kepada RAPP, biaya kuliah anak saya semuanya ditanggung oleh perusahaan, mulai dari biaya perkuliahan hingga uang saku. Saya bisa lebih fokus untuk pemenuhan kebutuhan adik-adiknya. Bahkan anak sulung saya setelah setahun kuliah sudah bisa memberikan hadiah untuk adiknya. Hal sederhana namun sangat bermakna bagi saya dan keluarga” tutur Usman.
 
Ia berharap perusahaan terus berkembang sehingga keberadan RAPP dapat memberikan manfaat yang lebih kepada masyarakat sekitar, terutama untuk mereka yang benar-benar membutuhkan.
 
“Selain itu, saya ingin memajukan kelompok, dan menyekolahkan anak-anak saya setinggi-tingginya,” harapnya.
 
CD Manajer RAPP, Sundari Berlian mengatakan hingga saat ini sekitar 150 kepala keluarga telah menjadi mitra bina CD RAPP untuk program ekonomi.
 
"Perusahaan memiliki cita-cita, yakni tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Perusahaan berupaya agar dapat melibatkan lebih banyak masyarakat dalam program yang dijalankan, sehingga perusahaan dapat memberi dampak yang besar kepada masyarakat," pungkasnya. (RLS)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index