Cheers...Drink That Taste Sweet… Begini Serunya Pesta Minuman Naker Asing di Pabrik IKPP Perawang

Cheers...Drink That Taste Sweet… Begini Serunya Pesta Minuman Naker Asing di Pabrik IKPP Perawang
Suasana pesta minum bis pekerja asing IKPP di areal pabrik kertas itu di Perawang.

TUALANG (RIAUSKY.COM)– Bagi masyarakat asing, meng-upload pesta makan dan minum bir adalah hal yang biasa. Namun, bagaimana bila pesta itu dilaksanakan di pabrik sebuah perusahaan kertas bertaraf internasional di Indonesia sekaliber Indah Kiat Pulp and Paper?

Pesta makan dan minum yang diduga dilaksanakan di dalam areal pabrik oleh sejumlah pekerja asing anak perusahaan Sinar Mas bidang Forestry  itu pun diunggah di jejaring sosial yang membuat sejumlah warga yang umumnya pekerja di pabrik IKPP pun terheran-heran.

Salah seorang pekerja IKPP  mengunggah pesta minum  itu melalui akun media sosial facebook “Nilesh Walke”. Dalam foto itu, terlihat Nilesh yang berparas india dan merupakan warga negara Malaysia mengunggah sebuah foto yang menunjukkan dirinya beserta beberapa orang lainnya diduga sedang melakukan pesta minuman.

Dalam postingan foto yang bertajuk ” Drink that taste sweet…..” atau di artikan bahasa Indonesia “minuman yang berasa manis” itu, “Niles Walke” terlihat sedang melakukan Cheers dengan rekannya “Ooi Chong Sum”. Terlihat juga beberapa orang yang diduga Tenaga Kerja Asing (TKA) masih mengenakan seragam perusahaan.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari infosiak,  pemilik akun “Niles Walke” bernama lengkap Niles Pandurang Walke, TKA asal India. Sedangkan pemilik akun “Ooi Chong Sum” bernama lengkap Ooi Chong Sum, TKA asal Malaysia. Keduanya merupakan TKA di PT Pindo Deli Perawang, dan sama-sama bekerja di bagian Divisi Produksi (PRD).

Diketahui, PT IKPP Perawang memang menyediakan tempat tinggal (mess,red) yang berlokasi di dalam kawasan pabrik untuk sebagian para TKA nya . Dugaan sementara di lokasi tersebutlah foto itu diambil.

Sungguh sangat disayangkan, disaat tenaga kerja Indonesia (lokal) sedang resah dengan isu pengurangan dan penawaran Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan perusahaan, TKA malah asik berpesta miras.

Ketika diminta klarifikasi terkait postingan foto akun Nilesh Walke melalui Whatsapp (WA), pimpinan perusahaan Senior Manajer Hasanuddin The tidak ada jawaban, walaupun kiriman itu telah tertanda dilihatnya.

Saat dihubungi melalui telepon seluler, Hasanuddin The masih enggan berkomentar dan terkesan berkilah karena belum mengetahui terkait kiriman foto di WA-nya.

“Saya lagi di Jakarta, HP saya ni error, gak bisa buka gambar, rusak, masih rusak, mau beli HP ni,” kilah Hasan, Rabu, 28 Juli 2016 seperti dilansir dari infosiak.

Hasanuddin sempat balik bertanya soal peristiwa yang terjadi di dalam foto tersebut. Anehnya, walaupun Hasanuddin mengaku belum melihat foto yang dikirim di WA-nya, tapi ia mengetahui bahwa di dalam foto itu terlihat pekerja sedang makan.

“Gambarnya tentang apa? Minuman keras maksudnya apa? Bir. Sedang makan ya. Nanti saya lihat gambarnya, saya lagi di luar kota,” ucap Hasan.

Salah seorang mantan karyawan perusahaan menanggapi perihal foto yang diunggah salah satu pekerja tenaga asing ke media sosial facebook.

“Begitulah potretnya saat ini, kita lokal direndahkan, TKA dipuja-puja. Kalau ditanya terkait yang tidak baik mana mau mengaku pihak perusahaan, kita kan tau la bagaimana kondisi perusahaan IKPP terhadap tenaga kerja lokal. Tapi apa, pemerintah, DPRD menurut saya tidak ada nyali atau ketegasan ke perusahaan, seolah-seolah cacat, buta dan tuli. Sangat beda dengan perusahaan, berani tegas dengan karyawannya,” terang salah seorang mantan karyawan PT Pindo Deli yang mengaku pernah bermasalah dengan TKA. (R03/is)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index